Kompas.com - 08/12/2021, 17:29 WIB
Sutradara Fajar Bustomi saat jumpa pers peluncuran single terbaru Armada berjudul Awas Jatuh Cinta di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020). KOMPAS.com/IRA GITASutradara Fajar Bustomi saat jumpa pers peluncuran single terbaru Armada berjudul Awas Jatuh Cinta di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Fajar Bustomi sampai meneteskan air mata ketika melihat aktor Vino G Bastian memerankan Buya Hamka untuk salah satu scene film Buya Hamka.

Awalnya, Fajar Bustomi mengatakan dia sengaja memberikan satu buku berjudul Akhlaqul Karimah karya Buya Hamka. Tujuannya agar Vino G Bastian bisa menyelami lebih dalam karakter Buya Hamka.

Baca juga: Jadi Sutradara Film Buya Hamka, Fajar Bustomi Langsung Sujud Syukur

"Saya bilang, 'kalau mau mengenal Hamka, lihat dari beberapa tulisannya'. Ketika menulis, seorang penulis pasti semua pemikiran-pemikiran dia tuangkan," ungkap Fajar Bustomi dalam jumpa pers virtual, Rabu (8/12/2021).

Rupanya, Vino G Bastian tidak hanya membaca satu buku yang diberikan Fajar Bustomi saja, melainkan dari berbagai macam sumber.

Hal tersebut membuat Vino G Bastian sangat mendalami karakter Buya Hamka. Fajar Bustomi kagum setelah melihatnya memerankan salah satu adegan.

Baca juga: Puji Sutradara Fajar Bustomi, Indro Warkop Tak Sangka Film Pintu Surga Terakhir Masuk Bioskop

"Adegannya itu ketika Hamka berpidato pertama kali. Nah, Vino menambahkan apa yang ada di buku itu, yang sebenarnya saya sendiri tidak sempat, ke-skip, ada beberapa adegan," kata Fajar Bustomi.

"Wah, efeknya ketika saya nonton di monitor, saya dengar earphone, saya sendiri nontonnya sampai meneteskan air mata. Terasa Vino mendalami sekali karakter Hamka," ucap Fajar Bustomi melanjutkan.

Di sisi lain, Fajar Bustomi bersyukur karena yang memerankan Buya Hamka untuk film biopik ini adalah Vino G Bastian.

Baca juga: Angga Yunanda dan Adhisty Zara Diapresiasi Fajar Bustomi karena Adegan Tenggelam di Mariposa

Sebab Fajar Bustomi menilai Vino G Bastian secara tidak langsung memiliki keterkaitan dengan Buya Hamka, bukan secara garis keturunan keluarga.

"Dia cerita ke saya bahwa ibunya dia itu menjadi mualaf, yang memualafkannya itu Buya Hamka. Jadi, secara enggak langsung, Vino ini ada kaitannya dengan Hamka, bukan kekeluargaan, tapi sejarah orangtuanya. Kedua, beliau juga salah satu keturunan Sumatera Barat," ungkap Fajar Bustomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.