Kompas.com - 19/04/2021, 12:53 WIB
Aktor Vino G Bastian dalam perannya sebagai Buya Hamka. DOK. FALCON PICTURESAktor Vino G Bastian dalam perannya sebagai Buya Hamka.


JAKARTA, KOMPAS.com
- Buya Hamka merupakan film biopik yang diangkat dari kehidupan ulama, Profesor Doktor Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal sebagai Buya Hamka.

Selain sebagai seorang ulama, Buya Hamka juga merupakan seorang sastrawan dan tokoh politik di Indonesia.

Beliau telah menulis beberapa karya sastra terkenal, di antaranya Di Bawah Lindungan Ka’bah dan Tenggelamnya Kapal Van der Wijck.

Baca juga: Sinopsis Arwah Tumbal Nyai: Part Tumbal, Tayang 23 April di Disney+ Hotstar

Digarap oleh Fajar Bustomi, sutradara di balik film Dilan 1990 dan Dilan 1991, film biopik ini akan mengisahkan dua fase kehidupan Buya Hamka, masa muda dan tua.

Dimulai ketika dirinya masih kecil hingga pernah mengunjungi Mesir di masa muda, hingga masa tua ketika menjadi seorang tokoh yang disegani.

Film ini akan menyoroti bagaimana cara Hamka menyampaikan dakwahnya secara santun.

Buya Hamka juga menyoroti aspek humanis Hamka dan prosesnya dalam menggapai semua pencapaian dalam hidup.

Baca juga: Sinopsis Doom at Your Service, Park Bo Young Membuat Perjanjian Berbahaya

Film biopik produksi Falcon Pictures dan Starvision Plus ini bermula dari gagasan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin pada 2014 dan mulai digarap pada 2015.

Setelah nama-nama pemeran diumumkan pada Maret 2019 dan produksinya terunda akibat pandemi, film ini akhirnya selesai diproduksi pada 2021.

Aktor Vino G. Bastian dipilih untuk memerankan sosok Buya Hamka.

Film ini juga akan menampilkan beberapa aktor dan aktris papan atas seperti Dessy Ratnasari, Reza Rahadian, Laudya Cynthia Bella, Donny Damara, Ayu Laksmi, dan Beby Tsabina.

Hingga saat ini, belum ada tanggal pasti kapan film Buya Hamka ini akan dirilis.

 

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X