Kompas.com - 28/11/2021, 16:48 WIB
Poster film Kadet 1947 . Instagram/Kadet 1947Poster film Kadet 1947 .
Editor Kistyarini

HARI Kamis 25 November 2021, saya diajak anak saya untuk nonton gala premiere film Kadet 1947 di bilangan Senayan.

Film Kadet 1947 adalah kisah heroik para kadet AURI pada tanggal 29 Juli 1947. Kisah para Kadet yang menyerang kubu kedudukan Belanda di Semarang, Salatiga dan Ambarwa dengan menggunakan pesawat terbang peninggalan Jepang yang disiapkan secara mandiri.

Kisah heroik dan patriotik tentang keberanian anak anak muda yang menyiapkan pesawat terbang dan menerbangkannya “hanya” dengan modal seadanya saja.

Tanpa memiliki bengkel pesawat yang memadai para teknisi dengan gagah berani menyiapkan pesawat yang ditinggalkan Jepang untuk dapat diterbangkan kembali.

Demikian pula para Pilot Muda yang masih bertatus sebagai kadet telah “nekat” menerbangkan pesawat terbang itu di pagi buta yang masih gelap gulita dibantu rekan rekannya yang menyiapkan “senjata” untuk menyerang Belanda.

Mereka terdiri dari Kadet Moeljono dan Dulrachman dengan pesawat Guntei, Soetardjo Sigit dan Soetardjo dengan pesawat Churen serta Kadet Soeharnoko Harbani dengan Kaput menggunakan pesawat Churen.

Kisah penuh kepahlawanan yang telah menjadi acara ritual setiap tahun diperingati oleh keluarga besar Angkatan Udara, diangkat untuk pertama kalinya kepentas layar lebar bioskop untuk konsumsi umum.

Sahabat sekolah anak saya, Erik dan Iwan beserta teman-teman berinisiatif membuat film Kadet 1947. Film yang di produksi atas kerja bersama Temata Studios, Legacy Pictures, Screenplay Films dan Angkatan Udara.

Film Kadet 1947, yang muncul di permukaan menjelang akhir tahun 2021 ini, terasa menjadi istimewa karena tiga hal penting.

Yang pertama, apabila membicarakan Angkatan Udara di pentas film, selama ini yang tertanam di memori banyak orang adalah tentang keterlibatan Angkatan Udara dalam tragedi pemberontakan G-30 S PKI.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.