Kompas.com - 27/11/2021, 21:15 WIB
Madani International Film Festival 2021 Instagram Madani Film Fest.Madani International Film Festival 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Madani International Film Festival secara resmi dibuka di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/11/2021).

Festival yang diselenggarakan sebanyak empat kali ini digelar mulai 27 November hingga 4 Desember 2021 dengan penayangan perdana film Pesantren (2019) karya Shalahuddin Siregar.

Baca juga: Garin Nugroho Harapkan Madani International Film Festival Bentuk Ruang Baru di Perfilman Indonesia

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andika Permata mengatakan, Madani International Film Festival menjadi napas baru untuk pelaku seni setelah pandemi Covid-19.

"Kita berharap bahwa Festival Film Madani membawa kesan bahwa Jakarta memiliki satu festival bertema religi Islami yang mendukung kebangkitan kembali industri perfilman pascapandemi," demikian pernyataan Andika melalui keterangan tertulis yang dibacakan Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan Rus Suharto.

Andika berujar, Festival Internasional Film Madani kiranya mampu membawa sinergitas dan semangat baru bagi pelaku perfilman dan masyarakat luas untuk lebih mencintai hasil karya anak bangsa.

Baca juga: Madani International Film Festival Usung Tema Light: Sufism and Humor

"Tak lupa apresiasi sebesar besar pihak yang terlibat dalam mensukseskan penyelenggaraan Festival Film Madani," demikian pernyataan Andika.

Adapun ini menjadi pergelaran kedua bagi Madani di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Pada penyelenggaraan kali ini, Madani International Film Festival mengusung tema Light: Sufism and Humor.

Penonton yang hadir dalam Madani Film Festival di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/11/2021). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Penonton yang hadir dalam Madani Film Festival di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/11/2021).

Madani International Film Festival ingin mengajak pencinta film untuk melihat cahaya dan hal-hal yang jenaka.

Baca juga: Bertema Re(dis)covery, Madani Film Festival 2020 Kembali Digelar

"Tema kali ini membawa tema sufisme dan humor, dua istilah yang memberi ruang besar kegembiraan berekspresi serta renungan atas perjalanan religiusitas," ungkap Garin Nugroho selaku Board Festival Madani dalam konferensi pers virtual, Jumat (26/11/2021).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.