Kompas.com - 18/11/2020, 06:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menginjak tahun ke-3 penyelengaraannya, Madani Film Festival (MMF) tahun ini kembali digelar pada 20 November hingga 4 Desember 2020 dengan tema “Re(dis)covery”.

“Re(dis)covery”, diketahui adalah tema yang terdiri dari dua kata kerja, yakni recovery yang artinya pemulihan dan rediscovery yang artinya penemuan ulang.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Kesenian Jakarta, Danton Sihombing pun memaparkan tujuan yang diusung dalam perhelatan MMF tahun ini.

Baca juga: Imperfect Raih 2 Penghargaan di Festival Film Bandung 2020

“Madani Film Festival ini orientasinya internasional. Kita mesti mengambil sebuah posisi unik dari festival lain. Spiritnya ini inklusif, yakni merangkul isu terkini masyarakat muslim Indonesia dan juga global,” kata Danton dalam konferensi pers, Selasa (17/11/2020).

Sedangkan menurut Inaya Wahid, Festival Board Madani Film Festival, MMF kali ini mengajak semua orang untuk menemukan kembali diri dan arti keberagaman.

“Di tengah problem ini kita menemukan yang baru dari segala sesuatu, arti baru, pulih, dan menemukan bentuk baru dari yang kita miliki atau rediscovery,” ungkap Inaya.

Selain menghadirkan puluhan film lokal dan mancanegara, festival ini juga menyelenggarakan diskusi untuk membahas tema-tema yang relevan dengan festival.

Salah satunya adalah Legend’s Talk. Dalam forum diskusi tersebut, MMF menghadirkan sutradara kawakan Tanah Air, Garin Nugroho dan penyanyi Rhoma Irama untuk membahas film-film Rhoma Irama di masanya.

Rencananya, diskusi tersebut akan disiarkan di YouTube resmi DKJ.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.