Kompas.com - 26/10/2021, 17:26 WIB
Sutradara Chloe Zhao menghadiri sebuah acara film Eternals di Roma Film Festivaldi Auditorium Parco della Musica di Roma, Italia, pada 24 Oktober 2021. AFP/TIZIANA FABISutradara Chloe Zhao menghadiri sebuah acara film Eternals di Roma Film Festivaldi Auditorium Parco della Musica di Roma, Italia, pada 24 Oktober 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Chloe Zhao dikenal sebagai salah satu sutradara yang biasa membuat film-film art house dan diperlombakan di festival.

Nomadland menjadi karya art house terakhirnya, yang sekaligus mengantarnya meraih Oscar, sebelum dipercaya menjadi sutradara The Eternals, film blockbuster terbaru dari Marvel Studios.

Bagi Chloe Zhao, mengarahkan film blockbuster memiliki tantangannya tersendiri.

Baca juga: Dari 10 Karakter, Siapa Tokoh Favorit Chloe Zhao di The Eternals?

Dari pengalaman ini, Chloe Zhao menemukan banyak perbedaan dari membuat film art house dan blockbuster.

"Tentu saja berbeda. Setiap film pasti memberikan pengalaman berbeda. Membuat film art house bukan berarti lebih mudah, bisa jadi malah lebih sulit," kata Chloe saat berbincang dengan Kompas.com belum lama ini.

Sutradara kelahiran Beijing, China, 31 Maret 1982 ini, lalu menceritakan apa saja tantangan dan kesulitan yang biasa dihadapinya saat membuat film festival.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Chloe Zhao Jelaskan Pemilihan Cast Beragam di Film Eternals

"Kamu hanya memiliki lima orang di lokasi syuting, kamu tidak memiliki uang, dan kamu bahkan tak pernah tahu siapa yang akan menonton filmnya," ujar Chloe.

Semua permasalahan itu tentunya mampu diatasi jika dirinya membuat film blockbuster, terlebih di bawah naungan rumah produksi raksasa seperti Marvel Studios.

Baca juga: Menang Oscar, Nama Chloe Zhao Justru Disensor di China, Kenapa?

"Membuat film besar mungkin akan terasa lebih mudah dalam beberapa hal, tapi juga tetap ada kesulitan di dalamnya," ucapnya.

Walau demikian, Chloe Zhao tetap menikmati semua proses di balik pembuatan film.

Terlepas dari film tersebut diperuntukkan sebagai film art house atau blockbuster, sutradara berusia 39 tahun ini tetap ingin terus berkarya dan menghasilkan yang terbaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.