Kompas.com - 27/04/2021, 17:10 WIB
Sutradara Chloe Zhao ketika menghadiri Academy Awards ke-93 (Oscar), Minggu (25/4/2021) malam waktu Los Angeles. GETTY IMAGES VIA VOGUESutradara Chloe Zhao ketika menghadiri Academy Awards ke-93 (Oscar), Minggu (25/4/2021) malam waktu Los Angeles.

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketika banyak orang Asia membanggakan sosok peraih piala Oscar untuk kategori sutradara terbaik, nama Chloe Zhao justru disensor di negara asalnya, China.

Seperti diketahui, sutradara kelahiran Beijing tahun 1982 itu tercatat sebagai wanita Asia pertama yang menang Oscar untuk kategori sutradara terbaik.

Bukan itu saja, Chloe juga berhasil meraih penghargaan untuk kategori Best Picture, tapi semua kegembiraan itu tak tersampaikan di China.

Baca juga: Dulu Dikenal Anak Pemberontak, Chloe Zhao Kini Sukses di Perfilman

Tidak ada media di China yang menyiarkan langsung acara tersebut, dan tidak ada disebutkan nama Chloe, baik dari People's Daily atau Xinhua News Agency.

Hal serupa juga terjadi di media sosial, dimana sangat sedikit pembicaraan tentang Chloe yang memenangkan Oscar.

Douban, forum komunitas dan ulasan film di China yang cukup terkenal, juga tidak ada topik yang khusus membahas hal tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Begitu juga dengan Weibo dan WeChat, di dua platform media sosial yang paling sering digunakan itu bahkan menyensor unggahan tentang kemenangan Chloe.

Baca juga: Chloe Zhao, Sutradara Wanita Kedua Dalam Sejarah Pemenang Oscar

Seorang influencer terkenal dengan 13 juta penggemar yang sering menerjemahkan kabar dari acara, event siaran langsung Amerika Serikat, juga mendapati kontennya diturunkan dengan pesan terbaca "tidak melewati ulasan Weibo".

Bukan hanya spesifik tentang Chloe, semua yang berbau kata Nomadland juga ikut kena sensor.

VPN untuk menonton acara tersebut juga dipotong, sehingga mereka yang ingin menonton lewat YouTube juga bernasib sama.

Baca juga: Chloe Zhao Jadi Perempuan Kedua Peraih Sutradara Terbaik di Golden Globes

Halaman:

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X