Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arzeti Bilbina Sebut Pendapatan Rumah Tangga Turun Selama Pandemi dan Bicara Beasiswa Yatim

Kompas.com - 22/08/2021, 15:32 WIB
Tri Susanto Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Arzeti Bilbina mengatakan ada dampak serius dari pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Menurut dia, banyak keluarga yang mengalami penurunan pendapatan akibat kehilangan pekerjaan dan kesulitan mendapatkan pekerjaan selama pandemi.

"Karena tiga dari empat rumah tangga mengalami penurunan pendapatan. Terganggunya perekonomian, gangguan sosial, dan juga kesehatan termasuk ibu dan juga anak-anak," ujar Arzeti, Minggu (22/8/2021).

Baca juga: Arzeti Bilbina Edukasi tentang Bahaya BPA dalam Kemasan Plastik

Yang juga menjadi perhatian Arzeti lainnya adalah kondisi anak-anak tanpa orangtua lantaran menjadi yatim-piatu setelah kedua orantuanya meninggal akibat Covid-19.

"Anak-anak juga rentan dengan kondisi ini dan banyak yang menjadi yatim piatu. Ini harus diperhatikan secara khusus," ujarnya.

Arzeti yang duduk di Komisi IX DR RI dari Fraksi PKB meminta peran pemerintah terkait tanggungan kehidupan dan pendidikan anak-anak tersebut.

Baca juga: Arzeti Bilbina: Seharusnya Vaksin Covid-19 Gratis, Jangan Diperjualbelikan

Karena, kata dia, anak-anak merupakan tanggung jawab pemerintah. Mereka akan menjadi generasi penerus bangsa yang harus diperhatikan.

"Beasiswa untuk anak-anak yatim piatu akibat pandemi harus diperhatikan. Kita semua harus memiliki terobosan baru di masa pandami ini. Sama-sama optimis menghadapinya dan tak ada ego pribadi. Kita lebih baik menjadi lilin daripada mengutuk kegelapan," ujarnya.

Arzeti mengungkapkan hal tersebut ketika menjadi pembicara dalam webinar atau talkshow Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh dengan tema acara "Berbagi Cinta di Masa Pandemi”. 

Baca juga: Arzeti Bilbina: Seharusnya Vaksin Covid-19 Gratis, Jangan Diperjualbelikan

Webina tersebut juga menghadirkan sejumlah kepala daerah yang memaparkan kondisi di daerah mereka sehubungan dengan dampak sosial dan ekonomi dari pandemi Covid 19.

Para kepala daerah juga mengungkapkan program-program apa saja yg sudah dilakukan dalam membantu masyarakat terdampak Covid 19 serta kebutuhan-kebutuhan yang masih menjadi persoalan untuk untuk ditangani hingga saat ini.

"Pandemi Covid-19 ini merata di Tanah Air. Jakarta paling banyak dan Sumatera Barat ada di posisi 10 besar dan 34 provinsi yang ada. Pemerintah daerah harus segera cepat tanggap menghadapi Covid-19 ini," kata Arzeti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com