Tak Cukup Hanya Bakat, TWICE Ungkap JYP Tuntut Idol Memiliki Sertifikat Bahasa Asing

Kompas.com - 16/03/2021, 16:41 WIB
TWICE tampil full team di Seoul Music Awards ke-30. Jeongyeon sudah bergabung dengan delapan member lainnya SoompiTWICE tampil full team di Seoul Music Awards ke-30. Jeongyeon sudah bergabung dengan delapan member lainnya

JAKARTA, KOMPAS.com- Girlband TWICE mengungkap rahasia dalam agensi mereka, JYP Entertainment. Dimana idol tidak akan bisa debut sebelum mereka memiliki sertifikat bahasa asing.

Mereka menceritakannya ketika tampil di program Legendary Stage SBS.

"Momo dan saya mengambil kelas Korea sekitar tiga tahun," ujar Sana TWICE.

"Ketika pertama kali saya datang ke Korea, saya tidak bisa mengucap kata Korea. Momo dan saya hanya mengatakan halo kapanpun orang lewat," ucapnya lagi.

Aturan itu bukan hanya berlaku bagi anggota dari luar negeri. Karena mereka yang berasal dari Korea juga harus bisa bahasa asing.

"Ketika saya SMP, JYP membuat saya mendapatkan sertifikasi bahasa China," ucap Jihyo.

Nayeon lantas menjelaskan kalau menguasai bahasa asing merupakan faktor penentu dalam debut mereka.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika kita tidak bersertifikat bahasa asing, kita tidak bisa debut," tutur Nayeon.

TWICE debut tahun 2015, mereka datang dari berbagai negara seperti Mina, Momo dan Sana dari Jepang, Tzuyu dari Taiwan, Jeongyeon, Nayeon, Chaeyoung, Dahyun, Jihyo dari Korea Selatan.


Sumber Koreaboo
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X