Kompas.com - 08/03/2021, 21:51 WIB
BTS menang KMA 2021 Twitter @bts_bighitBTS menang KMA 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah berbagai kesuksesan internasional, Billboard secara resmi menobatkan grup Kpop BTS dalam daftar “Greatest Pop Stars” mereka tahun 2020.

Daftar tersebut telah dimulai sejak 1981 dan setiap tahun Billboard menambahkan artis baru yang mereka yakini telah bersinar cerah di tahun itu.

BTS kini masuk dalam jajaran para musisi berpengaruh seperti Ariana Grande, Whitney Houston, Jennifer Lopez, Backstreet Boys, Rihanna, Lady Gaga, Beyoncé, Taylor Swift, atau Ed Sheeran.

Baca juga: Nick Jonas Anggap BTS Punya Kebebasan yang Langka

Dalam deskripsinya, Mia Nazareno, Editorial Executive Assistant Billboard membeberkan alasan BTS diberi posisi ini.

"Setelah setengah dekade dengan tur yang sukses secara internasional, tiga album berada di nomor 1 di Billboard 200, dan terus mengumpulkan Army yang mencakup pengikut dari seluruh dunia, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook menandai terobosan dari genre tersebut, dan menjadi bintang pop terhebat tahun 2020," jelas Mia.

Baca juga: Taylor Swift, Harry Styles, hingga BTS Siap Meriahkan Panggung Grammy Awards 2021

Sulit untuk membantah apa pun yang dikatakan karena Billboard mencantumkan pencapaian grup tersebut.

Mulai dari mendapatkan peringkat nomor 1 mereka yang kelima lewat album BE, memenangkan banyak penghargaan di beberapa ajang hingga konser virtual mereka yang sukses Bang bang Con Live.

Daftar tersebut tidak hanya mempertimbangkan single dan album artis, tetapi daftar ini juga berfokus pada semua yang ada di antaranya.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Fix You Milik Coldplay Versi BTS

Untuk BTS khususnya, ini berarti juga melakukan pekerjaan di luar musik, terutama berfokus pada kesadaran sosial.

Selama protes nasional di AS atas kematian Geroge Floyd pada Juni 2020, BTS mendonasikan 1 juta dollar AS (Rp 14,3 miliar) kepada gerakan Black Lives Matter.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X