Kompas.com - 21/01/2021, 22:22 WIB
YouTuber Fiki Naki (kanan) berbincang dengan Dayana (18) asal Kazakhstan YouTube Fiki NakiYouTuber Fiki Naki (kanan) berbincang dengan Dayana (18) asal Kazakhstan

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunikasi daring antara YouTuber Indonesia, Fiki Naki dengan Dayana (18) perempuan asal Kazakhstan yang belakangan viral diharapkan membawa dampak positif bagi kedua negara.

Terlebih, Dayana sudah mengunjungi KBRI di Nur-Sultan, Kazakhstan, atas undangan Duta Besar Rahmat Pramono.

Menurut Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI di Nur-Sultan, Rosdiana M, kepopuleran Dayana di Indonesia tampaknya merupakan fenomena yang menarik juga bagi publik Kazakhstan.

Bahkan, kunjungan Dayana ke KBRI telah menjadi berita di beberapa media Kazakhstan.

"Kami mendengar bahwa Dayana ingin belajar tentang Indonesia, sehingga kami mengundang Dayana untuk berkunjung ke Rumah Budaya KBRI Nur-Sultan," tutur Rosdiana dalam pesan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Dayana Kunjungi KBRI di Kazakhstan, Begini Ceritanya

Rosdiana menambahkan, Kazakhstan dan Indonesia memiliki potensi kerja sama mutual yang tinggi di berbagai aspek.

Namun, Indonesia belum terlalu dikenal oleh publik Kazakhstan dan sebaliknya. Oleh karenanya, menjadi salah satu tantangan dalam meningkatkan hubungan bilateral.

"Anak-anak muda seperti Dayana dan juga Fiki yang aktif menjalin hubungan persahabatan lintas negara telah membantu promosi pengenalan negaranya ke publik masing-masing dan tentunya ini adalah hal yang positif dan perlu diapresiasi," ujarnya.

Rosdiana berujar, Dubes Rahmat Pramono menikmati waktunya selama berbincang dengan generasi muda, seperti Dayana.

"Kami mendapat kesan yang baik terhadap Dayana. Dayana tidak hanya cantik, namun juga cerdas, sopan, ramah, dan tampak tulus ingin mengenal Indonesia," ujar Rosdiana.

Perihal akankah ada kegiatan selanjutnya yang diikuti Dayana dalam rangka mengenal budaya Indonesia di KBRI, Rosdiana meminta untuk menunggu kabar baiknya.

Begitupun jika Fiki Naki berkesempatan ke Kazakhstan, KBRI dengan senang hati akan menyambut dan membuka lebar pintu mereka.

Baca juga: Kunjungi KBRI di Kazakhstan, Dayana Ingin Belajar Bahasa Indonesia


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X