Ketersinggungan dalam Dunia Komedi Jadi Perhatian Komeng

Kompas.com - 21/01/2021, 19:18 WIB
Komedian Komeng menjadi tamu kanal YouTube Gofar Hilman. YouTube Gofar HilmanKomedian Komeng menjadi tamu kanal YouTube Gofar Hilman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah ketersinggungan dalam dunia komedi kini menjadi perhatian khusus bagi para komedian di Indonesia.

Tak hanya pelawak lama, para pelawak baru atau stand up comedian juga kerap dipermasalahkan karena bahan komedinya.

Menurut pandangan Komeng, hal-hal seperti itu seharusnya tidak terjadi di dunia lawak.

Baca juga: Komeng Tak Permasalahkan Bahan Lawakannya Diambil Orang Lain

Tugas para pelawak sejak zaman kerajaan memang menuturkan sebuah informasi dengan metode satir agar pesannya bisa tersampaikan dengan mudah.

"Jadi pengertian saya, ya, sebenarnya siapa pun sebenarnya tidak boleh tersinggung. Pekerjaan aslinya pelawak tuh ya kayak gitu," ucap Komeng seperti dikutip Kompas.com dari video Pandji Pragiwaksono, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Komeng Sedih Ceritakan Kepergian Putrinya hingga Ungkap Hadiah Terakhir

Pandji sendiri pernah mengalami bagaimana orang-orang bereaksi dan merasa tersinggung akibat bahan lawakannya tentang kucing.

Dari kejadian tersebut, Pandji akhirnya meminta maaf karena menyinggung perasaan para pencinta kucing.

Komeng pun berpendapat bahwa hal-hal soal ketersinggungan dalam berkomedi ini bisa diminimalisir jika kondisi kehidupan masyarakat lebih baik di Indonesia.

Baca juga: [POPULER HYPE] Reaksi Wijin Saat Tahu Video Gisel | Cerita Sedih Komeng Ketika Putri Bungsu Meninggal

"Karena mungkin, apa, ya, semua kembali ke negara. Kalau semua sibuk, semua punya kerjaan, pasti enggak mikirin yang kayak-kayak gitu," katanya.

Pemilik nama asli Alfiansyah Bustomi ini juga pernah mengalami orang tersinggung karena komedinya.

Pengalaman itu terjadi saat ia diminta menjadi seorang MC dalam sebuah acara pernikahan di Kalimantan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X