Syekh Ali Jaber dan Kisah Akbar, Bocah Pemulung yang Dijadikan Anak Angkat

Kompas.com - 19/01/2021, 07:32 WIB
Pembawa acara Irfan Hakim (kiri) berbincang dengan Akbar, bocah yang diangkat anak oleh Syekh Ali Jaber. YouTube deHakimsPembawa acara Irfan Hakim (kiri) berbincang dengan Akbar, bocah yang diangkat anak oleh Syekh Ali Jaber.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendakwah Syekh Ali Jaber meninggal dunia di Rumah Sakit Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2021) pada pukul 08.30 WIB.

Kepergian Syekh Ali Jaber meninggalkan begitu banyak cerita kebaikannya dari orang-orang yang pernah bertemu dengannya.

Salah satunya adalah Akbar, bocah pemulung, yang telah diangkat anak oleh Syekh Ali Jaber.

Baca juga: Sebelum Meninggal, Syekh Ali Jaber Sempat Angkat Anak Akbar si Bocah Pemulung yang Viral

Berikut kisah Akbar, bocah yang menyentuh hati sang pendakwah.

Angkat bocah pemulung sebagai anak angkat

Di akhir hidupnya, pemilik nama lengkap Ali Saleh Mohammed Ali Jaber itu sempat menjadikan bocah pemulung bernama Akbar sebagai anak angkatnya.

Akbar menarik perhatian Syekh Ali Jaber setelah foto bocah itu sedang membaca Al Quran saat berteduh viral di media sosial.

Dalam arsip rekaman suara yang diputar dalam kanal YouTube deHakims, Syekh Ali Jaber berkeinginan Akbar hafal 30 juz Al-Quran serta menjadi guru bocah berusia 11 tahun itu.

Baca juga: Kisah Akbar, Anak Angkat Syekh Ali Jaber yang Bertekad Mencari Ibundanya

"Saya sudah cerita ke beberapa guru saya, imam-imam besar masjidil haram dan masjidil nabawi, mereka ikut terharu. Makanya saya ingin ajak di bulan Desember, insya Allah ajak saya umrah," ujarnya.

Kisah Akbar

Di balik fotonya yang viral, rupanya Akbar tengah mencari ibundanya, Siti Sumiati, dengan berjalan kaki dari Kampung Sodong, Garut sampai Bandung, Jawa Barat.

Untuk menyambung hidup dia menjadi pemulung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X