Ahmad Dhani: Jangan Harap Industri Musik Indonesia Bisa Seperti Kpop, kalau...

Kompas.com - 02/10/2020, 16:30 WIB
Ahmad Dhani berbincang dengan Anji YouTube VIDEO LEGENDAhmad Dhani berbincang dengan Anji
Penulis Firda Janati
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Ahmad Dhani bicara mengenai industri Kpop yang merebak bukan hanya di Indonesia tetapi juga dunia.

Bersama dengan penyanyi Anji, Ahmad Dhani mengatakan, industri Kpop bisa maju seperti sekarang berkat dukungan pemerintahnya.

Ahmad Dhani sendiri sempat menyinggung pernyataan soal budaya Kpop dari Wakil Presiden Indonesia, Ma'aruf Amin.

"Kemarin sempat ramai itu, Ahmad Dhani mengkritik ( Ma'ruf Amin)," ujar Anji, dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Video Legend, Jumat (2/10/2020). 

Baca juga: Ahmad Dhani Pilih Politik Dibanding Musik, Kenapa?

Menampik headline tersebut, Ahmad Dhani berujar ia hanya ingin meluruskan pernyataan dari Wakil Presiden Indonesia tersebut.

"Bukan mengkritik, meluruskan. Di situ kan saya ngomong, Wapres di situ belum diskusi dulu sama ahlinya, harusnya diskusi dulu sama ahlinya baru dia bicara seperti itu," kata Ahmad Dhani.

"Karena kan Kpop itu industri besar yang didukung oleh negara," tambahnya.

Setuju dengan pernyataan Ahmad Dhani, Anji juga merasakan negara Korea Selatan mengeluarkan anggaran besar untuk industri musiknya.

"Bahkan ada anggaran besar untuk mendukung industri itu sampai go International," ujar Anji. 

Baca juga: Ahmad Dhani Sebut Album Pertama dan Kedua Dewa 19 Enggak Bagus, Kenapa?

Menurut Ahmad Dhani, industri musik Indonesia tidak akan pernah maju jika tidak didukung oleh pemerintahnya.

"Iya, jadi jangan berharap kita bisa seperti Kpop kalau pemerintah sendiri enggak pernah ngurusin musisinya, enggak ada budget untuk itu, enggak mungkin," kata Ahmad Dhani.

Menurut Ahmad Dhani, selama tidak ada menteri yang belum paham sepenuhnya soal musik, industri musik tidak akan maju.

"Menurutku, ya, selama ini kita belum punya menteri yang benar-benar paham soal musik. Artinya selama industri itu gagal, berarti menterinya gagal, sudah gitu aja," pungkas Ahmad Dhani.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X