Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Metode Shandy William Mengajar Ngaji di Serial Jadi Ngaji

Kompas.com - 02/10/2020, 16:24 WIB
Rintan Puspita Sari,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dikenal lewat film Senior (2019), Shandy William kembali menyapa penggemar lewat serial GoPlay Original Jadi Ngaji.

Dalam serial berjumlah 10 episode yang akan tayang di awal Oktober ini, Shandy akan memerankan karakter utama bernama Lukman Ibrahim, mantan anak pesantren yang sedang merintis menjadi gamer.

Jadi Ngaji menjadi serial religi pertama Shandy dalam perjalanan karirnya setelah mulai debut tiga tahun lalu di layar kaca.

"Sebagai penyuka game online, bisa dibilang secara keseharian saya merasa cukup dekat dengan cerita dalam Jadi Ngaji," kata Shandy dalam keterangan tertulis, Jumat (2/10/2020).

"Namun, saya juga tertantang untuk bisa menghadirkan sosok Lukman, anak tunggal ustad terpandang dan mengajar ngaji ke anak-anak TPA," lanjutnya.

Serial ini bercerita tentang Lukman yang digambarkan sebagai sosok yang gemar bermain online game, bahkan sampai mengikuti turnamen e-sport. Namun dia gagal dan berujung pada utang besar pada rentenir.

Demi melunasi utang, ia mengikuti keinginan ayahnya untuk mengajar ngaji.

Serungnya, sebagai gamer ia memiliki cara untuk mengajarkan ngaji yang diceritakan dalam serial tersebut. Penasaran bagaimana, simak ringkasannya berikut.

Kenalkan huruf hijaiyah lewat video

Buat anak kecil, kenalan sama 29 huruf hijaiyah lumayan sulit. Jangankan menghafal, untuk kenal sepenuhnya dengan masing-masing huruf ini bisa memakan waktu yang cukup lama.

Makanya, Lukman mencoba cara baru yang lebih seru, yakni dengan menonton konten video. Ia mengajarkan murid TPA untuk mengenali huruf dengan nyanyian.

Bahasa santai ala Bang Ustad

Pernah menimba ilmu di pesantren sekaligus juga getol bermain gim bisa jadi kombinasi untuk menjadi guru mengaji yang memiliki metode unik.
Apalagi ditambah dengan gaya khas pakaian Lukman yang tidak seperti guru ngaji pada umumnya. Hasilnya, murid TPA merasa begitu santai ketika belajar mengaji di bawah asuhan Lukman.

Gaya bahasa santai yang digunakan oleh Bang Ustad pun mudah dipahami oleh anak-anak, dan membuat suasana belajar mengaji menjadi lebih menyenangkan.

Belajar ngaji dengan game? Lebih seru dong pasti

Belum terbayang bagaimana serunya belajar ngaji dengan metode game? Di serial ini, Bang Ustad Lukman bikin kreasi metode baru yang bikin anak-anak TPA makin semangat belajar mengaji.

Caranya dengan menggunakan permainan kartu supaya setiap anak bisa bergiliran menebak huruf Al Quran sambil menghafalnya. Di sini, semua murid berpartisipasi dan saling menyemangati teman-temannya untuk menghafal.

https://www.youtube.com/watch?v=3c_OCRmvm50&feature=emb_logo

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com