Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Padi Reborn Rilis Jingel Perubahan Perilaku Didukung Satgas Penanganan Covid-19

Kompas.com - 28/09/2020, 07:39 WIB
Ady Prawira Riandi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Band Padi Reborn ikut andil dalam menyuarakan pentingnya menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19, Piyu dkk merilis sebuah jingel berjudul “Perubahan Perilaku”.

Baca juga: Alasan Padi Reborn Angkat Pesan Ibu dalam Lagu Perubahan Perilaku

Berikut ini rangkuman dari perjalanan Padi Reborn hingga akhirnya menciptakan jingel "Perubahan Perilaku" bersama Satgas Penanganan Covid-19.

1. Cerita awal mula jingel “Perubahan Perilaku”

Sebelum bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19, Padi Reborn sebenarnya sudah memiliki pemikiran untuk membuat sesuatu di tengah pandemi virus corona.

Piyu tergerak untuk membuat sesuatu lantaran industri musik mati suri dengan adanya larangan menggelar acara yang bisa membuat kerumunan orang.

“Kita ada sebuah ide gimana kalau bikin kayak semacam lagu penyemangat buat imbauan atau sebuah ajakan dan peringatan. Ternyata gayung bersambut dari Satgas Penanganan Covid-19 akhirnya ketemu kita,” kata Piyu saat dihubungi Kompas.com, Minggu (27/9/2020).

Baca juga: Digandeng Satgas Penanganan Covid-19, Padi Reborn Rilis Jingel Perubahan Perilaku

Pertemuan dengan Sonny Harry B Harmadi selaku Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 berbuah manis.

Padi Reborn akhirnya mendapat dukungan untuk membuat sebuah jingel yang bisa menyampaikan pesan kepada masyarakat luas.

2. Lirik

Dalam lagu “Perubahan Perilaku”, Padi Reborn menggunakan pesan ibu sebagai pengantar pesannya.

Piyu sendiri mengaku mendapat arahan langsung dari Satgas Penanganan Covid-19 ketika menulis lirik untuk jingel ini.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Kau Malaikatku dari Padi Reborn

“Kita ambil dari angle ingat pesan ibu, kenapa? Karena ibu itu adalah orang terdekat kita dan orang terdekat kita itulah yang harus kita jaga,” ucap sang gitaris.

Dengan cara seperti itu, Piyu berharap agar para pendengar lagunya nanti menjadi lebih mengedepankan protokol kesehatan dari pemerintah.

Selain untuk diri sendiri, protokol kesehatan 3M juga wajib diterapkan demi menjaga kesehatan orang-orang terdekat, tanpa terkecuali ibu.

Baca juga: Wave of Cinema Hadirkan Ardhito Pramono hingga PADI Reborn, Konser dengan Sensasi Nonton Film

“Jadi istilahnya dalam tanda kutip kalau ibaratnya ibu lo enggak bisa lo jaga, gimana lagi? Pesan ibu itu harus kita laksanakan, pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak serta hindari kerumunan,” kata Piyu.

3. Akan diputar di 500 radio di seluruh Indonesia

Alasan utama Padi Reborn bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19 adalah agar pesannya bisa disebarkan seluas mungkin kepada masyarakat Indonesia. Tujuannya demi mengurangi angka penyebaran virus corona.

Dengan bantuan Satgas Penanganan Covid-19, jingel “Perubahan Perilaku” rencananya akan diputar di 500 radio di seluruh Indonesia.

Baca juga: Perdana, Padi Reborn Bakal Jadi Pembawa Acara Talkshow

“Lagu ini juga akan diputar di seluruh Indonesia, diputar di 500 radio seluruh Indonesia karena kan dari Satgas mereka sudah melakukan itu,” kata gitaris yang identik dengan gitar Les Paul tersebut.

Padi Reborn dan Satgas Penanganan Covid-19 berharap agar jingel “Perubahan Perilaku” bisa mengajak sekaligus mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com