Dengan Formula Baru, Teater Rumah Kenangan Hadir dalam Bentuk Film

Kompas.com - 11/08/2020, 18:43 WIB
Teater Rumah Kenang yang digarap oleh Titimangsa Foundation.     IstimewaTeater Rumah Kenang yang digarap oleh Titimangsa Foundation.

JAKARTA, KOMPAS.com - Titimangsa Foundation bersama Bakti Budaya Djarum Foundation menghadirkan teater Rumah Kenangan yang diproduksi selama pandemi Covid-19.

Berbeda dari seri #NontonTeaterDirumahAja sebelumnya, pertunjukkan Rumah Kenangan ini merupakan produksi baru dan bukan penayangan ulang.

Baca juga: Jangan Lewatkan, Pementasan Tanda Cinta dari Teater Koma, Disiarkan Online

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation menegaskan, penampilan ini tidak disaksikan penonton dan dialihkan ke dalam bentuk film atau cinema play.

"Pementasan Rumah Kenangan ini menghadirkan formula baru dalam menyelenggarakan dan mengapresiasi seni pertunjukan," kata Renitasari dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (11/8/2020).

Pementasan teater ini diproduseri Happy Salma dan Butet Kartaredjasa. Sementara, ide cerita dicetuskan Happy Salma dan ditulis oleh Agus Noor yang juga menyutradarai.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Teater Sinden Republik Bakal Disiarkan Secara Daring

Pemain yang terlibat di dalamnya seperti Happy Salma, Butet Kartaredjasa, Ratna Riantiarno, Susilo Nugroho, Reza Rahadian, dan Wulan Guritno.

Happy Salma menghabiskan waktu selama dua bulan untuk memproduksi Rumah Kenangan.

"Singkat, padat, dan bergizi. Semua kisah berpusat di satu rumah dengan beragam kejadian masalah. Saya deg-degan juga, tidak tahu jadinya akan seperti apa," kata Happy Salma.

Baca juga: Usai Pandemi Berakhir, Chelsea Islan dan Dhea Seto Gelar Pementasan Teater

Tidak bertatap muka langsung, Happy Salma mengatakan proses latihan diadakan melalui aplikasi Zoom dengan para permain serta sutradara.

Rumah Kenangan adalah kisah tentang enam manusia dengan beragam karakter yang diikat karena persaudaraan.

Disebabkan pandemi, mereka semua terpaksa berada di satu rumah secar bersama-sama setelah sebelumnya berpencar.

Baca juga: Teater Perempuan-Perempuan Chairil Akan Ditayangkan Secara Daring

Ternyata, segala yang selama ini terpendam, terbuka secara perlahan di dalam sebuah Rumah Kenangan.

Pertunjukkan teater Rumah Kenangan ditampilkan secara daring pada 15 dan 16 Agustus 2020 pukul 20.00 WIB di www.indonesiakaya.com.

Untuk tiketnya dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 yang dapat dibeli di www.titimangsa.or.id.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X