Cerita Soleh Solihun Ikuti Prosedur Pasien Covid-19 hingga Diisolasi karena Sakit Demam Berdarah

Kompas.com - 08/05/2020, 11:13 WIB
Komika Soleh Solihun dalam acara syukuran film Generasi Z di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2017). KOMPAS.com/Dian Reinis Kumampung Komika Soleh Solihun dalam acara syukuran film Generasi Z di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika sekaligus aktor Soleh Solihun sempat sakit demam berdarah pada April 2020 kemarin.

Soleh Solihun akhirnya memutuskan untuk ke dokter guna menjalani pemeriksaan terkait sakitnya.

Tiba di rumah sakit, Soleh Solihun harus menjalani prosedur pemeriksaan pasien Covid-19 hingga ditemukan flek di paru-parunya dan menjalani isolasi.

Berikut pernyataan Soleh Solihun terkait prosedur yang harus dilaluinya seperti dirangkum Kompas.com berikut.

1. Ikuti rapid test dan rontgen paru-paru

Soleh Solihun mengaku sempat menjalani rapid test serta rontgen paru-paru sebelum dia diopname selama beberapa hari di rumah sakit.

Kata Soleh, prosedur semacam itu memang harus dijalani melihat situasi pandemi corona atau Covid-19.

Baca juga: Dirawat karena Demam Berdarah, Soleh Solihun Ikuti Prosedur Pasien Covid-19

Ditambah lagi, rumah sakit yang didatanginya bukan rumah sakit rujukan Covid-19. Oleh karenanya, pemeriksaan diperlukan untuk mencegah adanya penularan virus corona.

“Di rumah sakit tempat saya dirawat itu kalau mau opname harus ada rapid test dulu. Setelah rapid test lolos harus di rontgen paru-paru. Kalau rapid test negatif dan paru-paru tidak ditemukan infeksi maka si pasien boleh di opname di RS itu, karena dia bukan rumah sakit rujukan,” kata Soleh Solihun saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/5/2020).

“Jadi prosedur seperti itu, hanya menerima pasien opname lolos rapid test sama tidak ditemukan infeksi paru-parunya,” ucap pemain film Mau Jadi Apa? itu menambahkan.

2. Ditemukan flek di paru-paru

Selain menjalani rapid test, tahap lain yang mesti dijalani Soleh Solihun adalah rontgen paru-paru.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X