Dirawat karena Demam Berdarah, Soleh Solihun Ikuti Prosedur Pasien Covid-19

Kompas.com - 07/05/2020, 14:58 WIB
Soleh Solihun saat ditemui di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019). KOMPAS.com/IRA GITASoleh Solihun saat ditemui di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, komika sekaligus aktor Soleh Solihun sempat sakit demam berdarah.

Soleh Solihun menceritakan, ia memutuskan datang ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya karena merasa tidak enak badan.

Sesampainya di rumah sakit, Soleh Solihun mesti dirawat untuk proses penyembuhan.

Akan tetapi, sebelum menjalani perawatan opname, Soleh Solihun bercerita bahwa dia harus menjalani rapid test dan rontgen paru-paru.

“Di rumah sakit tempat saya dirawat itu kalau mau opname harus ada rapid test dulu. Setelah rapid test lolos harus di rontgen paru-paru. Kalau rapid test negatif dan paru-paru tidak ditemukan infeksi maka si pasien boleh di opname di RS itu, karena dia bukan rumah sakit rujukan,” kata Soleh Solihun saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/5/2020).

Baca juga: Soleh Solihun: Orang yang Bikin Saya Jadi Penulis Itu Iwan Fals

Menurut Soleh, prosedur itu harus dijalaninya sebelum akhirnya dirawat. Hal itu, guna memastikan pasien tidak terinfeksi virus corona.

“Jadi prosedur seperti itu, hanya menerima pasien opname lolos rapid test sama tidak ditemukan infeksi paru-parunya,” ujar pemain film Mau Jadi Apa itu menambahkan.

Soleh melanjutkan, saat menjalani rontgen paru-paru ditemukan flek sehingga dokter masih memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pasalnya, dari flek tersebut dikhawatirkan dokter akan adanya virus corona. Namun, Soleh Solihun mengakui bahwa penyebab flek tersebut lantaran dia merupakan perokok pasif.

"Terus di paru-paru saya bertambah fleknya. Saya enggak tahu sebelumnya saya ada flek di paru-paru, sebelum sakit demam berdarah. Kan saya medical cek up, ada banyak flek gitu, kata dokter harus diperiksa nih kayaknya perlu diobatin karena saya perokok pasif. Intinya, paru-paru saya sudah ada flek sebelum demam berdarah,” tutur Soleh Solihun.

Baca juga: Soleh Solihun Beri Ruang untuk Komika Pemula di Joyland Festival 2019

Tidak hanya sampai di situ, Soleh Solihun juga harus menjalani isolasi untuk menunggu perkembangan paru-parunya membaik.

Hingga pada akhirnya kondisi kesehatan Soleh Solihun dinyatakan membaik dan akhirnya diperbolehkan pulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X