Pernah Hidup Susah, Inul Daratista Makan Daun Kelor hingga Utang Sembako

Kompas.com - 07/05/2020, 12:49 WIB
Penyanyi dangdut Inul Daratista saat ditemui di Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu, Donggala, Sulawesi Tengah di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (5/10/2018). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Penyanyi dangdut Inul Daratista saat ditemui di Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu, Donggala, Sulawesi Tengah di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (5/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com- Hidupnya dulu tak bergelimang harta, tapi justru kehidupannya yang sulit membuat Inul Daratista terpicu untuk mengubah nasib.

Inul tidak datang dari keluarga berada, hidupnya sungguh pas-pasan.

Ayahnya hanya seorang penjahit, ibunya adalah seorang ibu rumah tangga tanpa keahlian.

Baca juga: Inul Daratista Sebut Citra Musik Dangdut Sekarang Baik dan Mahal

Sebagai anak sulung yang melihat kondisi kedua orangtuanya, Inul mulai berpikir cara mencari uang sejak kecil.

"Aku makannya sama adek-adekku, melihat menu setiap hari makannya metik daun kelor di kebon. Ngukus tempe kadang-kadang, bahkan kalau mau beli daging enggak bisa," kata Inul dikutip Kompas.com dari YouTube Luna Maya, Kamis (7/5/2020).

Sekalinya bisa makan daging adalah ikan nila satu ekor yang kemudian dipotong jadi empat bagian untuk dinikmati satu keluarga yang terdiri dari dua orang dewasa dan enam orang anak.

Baca juga: Inul Daratista Sempat Ingin Pulang Kampung Saat Berseteru dengan Rhoma Irama

Kondisi itu belum ditambah saat Inul melihat dan menemani sendiri ibunya ke pasar untuk berhutang sembako setiap hari.

"Besoknya lagi bayar tapi pinjam lagi, karena dikasih bapakku uang belanja untuk ngelunasin pinjaman, dan utang lagi. Jadi utang bayar utang bayar," kenang Inul.

Kondisi itu yang membuat Inul berpikir panjang sebagai anak sulung.

Baca juga: Pernah Berseteru dengan Rhoma Irama, Inul Daratista Justru Berterima Kasih

Kebetulan ada tetangganya yang menjadi pemimpin dangdut, dan mengatakan bahwa Inul bisa mendapat uang dari dangdut.

"Bilang 'Nul kalau kamu mau cari duit, di sini (dangdut) tempatnya,' akhirnya aku terjun ke dunia dangdut," kata Inul mengenang awal dirinya terjun ke dunia musik dangdut.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X