Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spotify Genjot Dinamika Podcast di Indonesia

Kompas.com - 22/02/2020, 07:00 WIB
Andika Aditia,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu layanan streaming audio Spotify mengumumkan kerja sama dengan sejumlah podcaster ternama di Indonesia.

Dengan begitu, konten dari delapan podcast yang paling sering diputar di Indonesia secara eksklusif di Spotify.

Konten tersebut di antaranya Podcast Raditya Dika (PORD), Do You See What I See, PODKESMAS, RAPOT, Menjadi Manusia, Podcast Bagi Horror, Box2Box Football Podcast dan Podcast Suara Puan.

Baca juga: Podkesmas, Podcast Gibah ala Imam Darto dan Ananda Omesh

Kerja sama ini merupakan yang pertama dari Spotify di Asia Tenggara, dan menjadi bagian dari rencana Spotify untuk mengembangkan industri podcast di Indonesia.

Seiring waktu, perkembangan podcast di Indonesia cukup pesat.

Kini, lebih dari 20 persen pengguna di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulan dengan durasi mendengarkan bertambah 10 kali lipat.

Baca juga: Tahun Depan, Spotify Setop Iklan dan Podcast Politik

Pertumbuhan pesat ini didorong oleh Anchor, sebuah platform milik Spotify yang memungkinkan siapa saja untuk membuat dan mendistribusikan podcast berkualitas dari perangkat apapun secara mudah dan gratis.

Dari seluruh podcast yang didengarkan di Indonesia, 90 persennya dibuat menggunakan Anchor, termasuk kedelapan Spotify Exclusive Podcast.

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan delapan kreator Indonesia yang kontennya telah berperan besar mendorong geliat podcast di Indonesia," kata Gautam Talwar, Managing Director Spotify Southeast Asia seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima yang diterima Kompas.com, Jumat (21/2/2020).

Baca juga: Pendengar Podcast di Spotify Naik 50 Persen

Berbicara tentang kerja sama ini, kreator dari Do You See What I See, Rizky Ardi Nugroho mengatakan, potensi podcast dalam menyalurkan kreativitas amat besar.

Oleh karena itu, ia menggarapnya dengan maksimal.

"Ketika saya mulai membuat podcast, saya tidak menyangka cerita-cerita horor saya akan menarik banyak pendengar. Namun, ketika pendengar mulai mengirimkan cerita mereka untuk ditampilkan di podcast saya, saya pun sadar betapa besarnya potensi podcast saya," ucap Rizky Ardi.

Penulis, komedian, dan sutradara kenamaan Indonesia Raditya Dika, yang juga kreator di balik PORD mengatakan, podcast menjadi sarana yang seru untuk menyalurkan ide.

“Setiap episode yang saya buat memungkinkan saya untuk bertemu orang-orang yang menginspirasi dari berbagai latar belakang, dan kemudian membagikan kisah mereka dengan para pendengar saya. Tentu saja, saya melakukan ini dengan gaya khas Raditya Dika, yaitu berbalut komedi," ucapnya.

Hingga kini, Spotify memiliki lebih dari 700.000 judul podcast di platform-nya. Secara global, jumlah jam yang dihabiskan pengguna Spotify untuk mendengarkan podcast di Spotify telah tumbuh 200 persen dari tahun ke tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com