Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia Musikologi 2019 Jelaskan Penyebab Fourtwnty Batal Tampil

Kompas.com - 02/12/2019, 15:03 WIB
Rintan Puspita Sari,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Musikologi 2019 akhirnya bicara terkait batal tampilnya sejumlah pengisi acara yang diikuti dengan kerusuhan karena penonton yang kecewa.

Panitia melalui akun media sosial membenarkan terjadinya kerusuhan di akhir acara Musikologi 2019, tepatnya di panggung merah.

Pemicunya adalah panggung mati secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan.

"Sebelumnya, di panggung putih Fourtwnty pun gagal naik ke atas panggung sebab rangkaian acara di panggung putih 'molor' satu jam," tulis panitia lewat akun @musikologi_ dikutip Kompas.com, Senin (2/12/2019).

Baca juga: Batal Tampil di Musikologi 2019, Fourtwnty Minta Maaf pada Penggemar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

--- Selamat malam. Mohon maaf baru mengeluarkan klarifikasi, sebab kami harus mengumpulkan data menenangkan diri, dan harus memastikan keselamatan rekan-rekan panitia yang diburu oleh oknum penonton. . Kami membenarkan terjadi kerusuhan di akhir acara Musikologi 2019 (Panggung Merah). . Hal yang menyebabkan terjadinya kerusuhan adalah panggung yang tiba-tiba mati tanpa pemberitahuan. Sebelumnya di panggung putih fourtwnty pun gagal naik ke atas panggung sebab rangkaian acara di panggung putih 'molor' satu jam karena sempat break sekitar pukul 18.00-18.30 disebabkan hujan yg sangat lebat dan ada genangan air di bawah panggung. . Hal lain yang menyebabkan batalnya Fourtwnty main adalah kedatangan salah satu artis yang disebabkan padatnya komplek senayan karena berlangsung lebih dari 3 acara besar pada hari itu sehingga kami tak bisa mebooking area parkir untuk artis. . Batalnya Fourtwnty main juga karena seluruh crew harus berangkat ke Bali pada dini hari, sementara acara di panggung putih akan selesai 00.30, kami sudah menawarkan untuk mengganti jadwal penerbangan tapi menurut manager Fourtwnty tak bisa sebab jadwal di Bali padat sehingga tak memungkinkan. . Kami tak membenarkan bahwa panggung rubuh sebab sedari awal bentuk panggung memang sudah segitiga. . Lain halnya dengan panggung putih. Panggung merah 'molor' 90menit. Panggung merah yang lebih tinggi dari panggung putih tak terlalu berpengaruh dengan hujan hingga saat hujan pun acara tetap berjalan. . 'Molor'nya panggung merah disebabkan salah satu sound engineer band pembuka (Jonkoppings. Untuk pembanding silahkan lihat alasan mendetail mereka) yg menyebabkan beberapa data soundcheck artis (The Panturas, The Sigit, Seringai, Feel Koplo) hilang dan harus soundcheck ulang sebelum naik panggung dengan waktu terbatas. . Acara mulai tidak kondusif saat kedua kalinya hujan turun dengan sangat kencang dan membuat kewalahan panitia menahan pagar BRC agar tidak rubuh oleh hujan angin. --- (1/3)

A post shared by MUSIKOLOGI 2019 (@musikologi_) on Dec 1, 2019 at 7:10am PST

Tertundanya penampilan Fourtwnty selama satu jam tidak lain karena hujan yang mengguyur lokasi digelarnya acara, serta adanya genangan air di bawah panggung.

Selain kendala tersebut, ada hal lain lagi yang ikut menjadi penyebab batalnya penampilan Fourtwnty.

"Kedatangan salah satu artis yang disebabkan padatnya komplek senayan karena berlangsung lebih dari 3 acara besar pada hari itu, sehingga kami tak bisa me-booking area parkir untuk artis," tulis panitia

Benar seperti disampaikan Fourtwnty sebelumnya, kalau padatnya jadwal mereka di Bali membuat mereka tidak mungkin untuk tampil di Musikologi 2019.

"Kami sudah menawarkan untuk mengganti jadwal penerbangan tapi menurut manager Fourtwnty tak bisa sebab jadwal di Bali padat, sehingga tak memungkinkan," tulis mereka.

Baca juga: Batal Manggung, Feel Koplo Beberkan Kronologi Ricuh di Musikologi 2019

Panggung Musikologi 2019 terbagi menjadi dua, yakni Stage Merah yang berada di sebelah Selatan dan Stage Putih yang ada di sebelah Utara.

Menurut rundown yang beredar, Stage Merah diisi oleh deretan penyanyi dan musisi, yaitu Hendri Sederethana, Jonkoppings, Pijar, Jason Ranti Feat. Iksan Skuter, Polkawars, The Panturas, The Sigit, Seringai, dan Feel Koplo.

Sedangkan Stage Putih diisi oleh Flamboyant, Lembuswana, Rubah Di Selatan, Nadin Amizah, Amigdala, Silampukau, Kunto Aji, Fourtwnty, dan Nosstress.

Baca juga: Batal Tampil di Musikologi 2019, Fourtwnty Minta Maaf pada Penggemar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com