Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menang di London Independent Film Awards, Rio The Survivor Lengkapi Koleksi 16 Penghargaan

Dalam pengumuman pada 26 Januari 2021, film yang disutradarai Yudie Oktav ini memboyong dua kategori sekaligus yakni, Best Film dan Best Director.

"Iya, itu sebetulnya menambah, karena total sudah ada 16 penghargaan. Yang di London, yang terakhir Best Film dan Best Director," kata Yudie Oktav saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (28/1/2021).

Yudie berbagi, mampu memenangkan dua kategori bersamaan cukup mengejutkan untuknya.

"Agak surprise juga sih," ujar Yudie.

Rio The Survivor diangkat dari kisah nyata. Bercerita tentang Rio, seorang anak laki-laki yang hidup dengan HIV dan tanpa orangtua.

Meski punya talenta bermain sepak bola, Rio sempat mengalami diskriminasi di sekolahnya.

Tak hanya mengisahkan perjuangan hidupnya, film yang diproduksi secara mandiri ini juga mengisahkan persahabatan Rio dengan teman-temannya.

Sebelumnya Rio The Survivor telah mengikuti sejumlah festival film di luar negeri seperti Instanbul Film Festival (Turki), Stockholm City Film Festival (Swedia), Uruvatti International Film Festival (India).

Sudah ada sembilan penghargaan sebagai winner, dua sebagai finalis yang penilaiannya belum selesai, dan kini tengah masuk tiga nominasi.

Selain best film dan best director, Rio The Survivor juga pernah memenangkan kategori best actor dan best script writer.

Rio The Survivor dibintangi Raditya Evandra, mantan pesepakbola Bambang Pamungkas, Sri Widayati, Akinza Chevalier Kiyosaki, M. Abdqori Narendra Afandi, Brydden Fablo Escobar, dan masih banyak lagi.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/28/201317266/menang-di-london-independent-film-awards-rio-the-survivor-lengkapi-koleksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke