Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2023, 15:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Cucian yang segar dan wangi menjadi impian banyak orang. Akan tetapi, di musim hujan terkadang cucian menjadi apek dan beraroma kurang sedap.

Apalagi saat mencuci dalam jumlah banyak, biasanya ada beberapa pakaian yang kurang wangi. Selain itu, aroma kurang sedap pada cucian bisa menandakan bahwa cara Anda mencuci baju kurang benar.

Tapi tak perlu risau, karena ternyata ada beberapa cara membuat cucian agar tetap segar dan wangi dalam waktu lama. Dilansir dari House Digest, Sabtu (16/9/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: 6 Cara Membuat Cucian Harum dan Segar Lebih Lama

Bersihkan mesin cuci dengan rutin

Mesin cuci yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan penumpukan kotoran termasuk jamur, lumut, dan bakteri. Kotoran inilah yang menyebabkan mesin cuci bau.

Aroma tak sedap dari mesin cuci bisa menyebabkan cucian menjadi bau. Selain itu, mesin cuci yang kotor juga membuat kinerjanya tidak efektif.

Ilustrasi mencuci pakaian di mesin cuci. SHUTTERSTOCK/ASLYSUN Ilustrasi mencuci pakaian di mesin cuci.

Mesin cuci sebaiknya dicuci setiap sebulan sekali. Anda bisa menggunakan produk pembersih yang khusus untuk mesin cuci.

Ikuti petunjuk di kemasan produk tersebut agar mesin cuci dapat bersih maksimal.

Gunakan deterjen dan pewangi pakaian yang tepat

Selain menjaga kebersihkan mesin cuci, cara lain agar cucian tetap segar dan wangi yaitu dengan menggunakan detergen dan pewangi pakaian yang tepat.

Kedua bahan ini berkontribusi besar untuk membuat pakaian wangi lebih lama.

Oleh karena itu, detergen dan pewangi harus dipilih dengan tepat agar menghasilkan aroma harum yang tahan lama. Selain itu, pemilihan detergen dan pewangi juga bisa disesuaikan dengan kebiasaan mencuci pakaian.

Baca juga: Mencuci Pakaian Tanpa Deterjen, Ini yang Akan Terjadi

Apabila Anda terbiasa mencuci pakaian menggunakan air panas, maka sebaiknya pilih deterjen yang cocok bisa dikombinasikan dengan air panas.

Selain itu, Anda juga perlu mempertahankan detergen dan pewangi yang digunakan. Apabila kulit Anda sensitif, maka gunakanlah deterjen dan pewangi yang terbuat dari bahan-bahan aman untuk kulit sensitif.

Sortir cucian

Cara membuat cucian agar tetap segar dan wangi lainnya yaitu menyortir atau memisahkan cucian berdasarkan warnanya. Pisahkan antara pakaian berwarna putih dengan pakaian berwarna lain.

Tujuannya untuk mencegah kelunturan warna yang membuat pakaian warna putih menjadi rusak. Selain itu, penyortiran juga bisa berdasarkan tingkat kekotoran pakaian tersebut.

Baca juga: Pakaian Dalam Harus Dicuci Terpisah dengan Cucian Lainnya, Kenapa?

Pakaian yang sangat kotor sebaiknya dicuci terpisah agar kotoran tersebut tidak menempel ke pakaian lain atau tertinggal di mesin cuci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com