Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2023, 10:18 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing menjilati kakinya karena berbagai alasaan, seperti bagian dari perawatan diri. Namun, anjing yang tidak melakukan banyak perawatan diri pun akan sesekali menjilati kakinya.

Jika melihat anjing menjilati kakinya sesekali, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, anjing yang menjilati kakinya secara terus-menerus atau agresif, ini menandakannya adanya masalah. 

Dikutip dari The Spruce Pets, Kamis (31/8/2023), berikut sejumlah alasan anjing menjilati kakinya terus-menerus. 

Baca juga: Alasan Anjing Mengikuti Pemiliknya di Rumah

Cedera

Ilustrasi anjing Corgi, Pembroke Welsh Corgis.Shutterstock/Marina Plevako Ilustrasi anjing Corgi, Pembroke Welsh Corgis.
Cedera pada kaki atau benda asing dapat menyebabkan anjing menjilati kakinya terus-menerus. Anjing mungkin menginjak sesuatu yang menyebabkan ketikdaknyamanan, seperti benda tajam, trotoar panas, atau disengat atau digigit serangga maupun hewan lain.

Mungkin pula ada benda atau zat yang menempel di kakinya sehingga membutuhkan bantuan mengeluarkannya.

Pertumbuhan abnormal

Selanjutnya, alasan anjing menjilati kakinya terus-menerus adalah mengalami pertumbuhan abnormal pada salah satu kakinya, seperti kista atau tumor.

Bisa pula karena mengalami radang sendi atau cedera pada jaringan lunak atau tulang kakinya. Hal ini mungkin bukan sesuatu yang dapat dilihat dengan mata telanjang. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Anjing Menggigit Orang dan Hewan Lain

Alergi

Alergi sering kali menyebabkan gatal atau iritasi pada bantalan telapak kaki sehingga menjadi alasan anjing menjilati kakinya terus-menerus untuk menghilangkan rasa gatal. Alergi ini bisa disebabkan oleh makanan dan lingkungan. 

Infeksi

Ilustrasi anjing Shih tzu.Shutterstock/Pattarit S Ilustrasi anjing Shih tzu.
Anjing dapat mengalami infeksi bakteri, jamur, atau ragi pada kakinya sehingga perlu dibawa ke dokter. Ketika anjing menjilati kakinya begitu sering, ini membuat kakinya menjadi lembap dan lebih rentan terhadap bakteri serta ragi. 

Infeksi parasit eksternal, seperti kutu, kudis, atau cacing tambang, juga cenderung membuat kaki sangat gatal sehingga menyebabkan jilatan berlebihan. 

Baca juga: 5 Penyebab Anjing Memakan Rumput dan Cara Menghentikannya

Masalah perilaku

Jika tidak ada masalah pada kaki, anjing menjilati kakinya karena alasan perlilaku mesk ini arang terjadi.

Hal ini bisa merupakan tanda kebosanan, stres, ketakutan, atau kecemasan. Menjilati kkai yang awalnya bermula dari rasa bosan, kemudian berkembang menjadi kebiasaan yang membuat anjing merasa rileks atau puas.

Baca juga: Alasan Anjing Memakan Kotorannya dan Hewan Lain

Cara mengatasi anjing menjilati kakinya terus-menerus 

Jika anjing menjilati kakinya, mulailah dengan melihat lebih dekat. Periksa bagian atas dan bawah kaki, kuku, bantalan kuku, serta bagian antara jari-jari kaki.

Cari benda asing, luka, memar, pendarahan, bengkak, atau hal lain yang tampak tidak normal. Jika anjing peliharaan menjilati kakinya secara berlebihan, penting menghubungi dokter hewan.

Dokter hewan perlu memastikan apakah ada masalah kesehatan sebelum Anda mulai mengatasi masalah perilaku tersebut. 

Baca juga: Alasan Anjing Basenji Tidak Menggonggong

Jika tidak ada masalah kesehatan, dokter hewan mengatakan ini adalah masalah perilaku. Cara sederhana mengatasi perilaku anjing menjilati kaki adalah mengalihkan perhatiannya.

Ajaklah anjing berjalan-jalan, bermain dengan mereka lebih sering, dan tawarkan mainan untuk mengalihkan perhatiannya.

Jangan memarahi anjing karena menjilat, tetapi jangan pula menghadiahinya dengan camilan.

Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, pertimbangkan memeriksakan kembali ke dokter hewan untuk mencari penyebab dan penanganan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com