Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memandikan Kucing Anggora agar Bersih dan Sehat

Kompas.com - 13/08/2023, 13:35 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cat Bandit

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing anggora adalah ras kucing yang terkenal memiliki bulu panjang dan halus, sehingga penampilannya sangat elegan. Keindahan bulu kucing anggora yang indah perlu dirawat dengan rutin.

Salah satu perawatan yang perlu dilakukan yaitu memandikan kucing dalam air hangat. Dengan rutin memandikan kucing, maka bulu anggora tetap lembut dan bersih.

Memandikan kucing anggora juga dapat membersihkan tubuh kucing secara menyeluruh. Dilansir dari Cat Bandit, Minggu (13/8/2023), berikut ini tips memandikan kucing anggora dengan benar agar bersih dan sehat.

Baca juga: 5 Tips Memandikan Kucing yang Agresif

1. Mandikan kucing secara rutin

Kucing anggora sebaiknya dimandikan setiap 4 hingga 6 minggu sekali atau sesuai kondisi kucing. Biasanya, kucing yang perlu dimandikan memiliki ciri-ciri bulu berminyak atau kusut, bau menyengat, dan terdapat kotoran pada bulunya.

Ilustrasi ras kucing anggora.PIXABAY/AMBERSHADOW Ilustrasi ras kucing anggora.

Gejala lainnya yaitu gatal-gatal, kemerahan, dan rambut rontok. Saat kucing menunjukan tanda-tanda tersebut, segera mandikan dan bersihkan kucing.

2. Pilih sampo yang tepat

Saat memandikan kucing, sangat dianjurkan untuk menggunakan sampo khusus kucing yang lembut. Hindari sampo yang mengandung bahan kimia keras karena bisa menyebabkan iritasi kulit, kekeringan, dan membuat kucing merasa tidak nyaman serta sakit.

3. Mengeringkan dan menyikat bulu kucing setelah mandi

Setelah dimandikan, keringkan tubuh kucing secara menyeluruh menggunakan handuk lembut. Hindari mengeringkan kucing menggunakan pengering rambut atau sumber panas karena bisa mengakibatkan luka bakar atau kerusakan pada kulit kucing.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Anggora, Rutin Sisir Bulunya

Kemudian, sisir bulu kucing agar tidak kusut. Kegiatan ini membantu mendistribusikan minyak alami dan menjaga kesehatan serta bulu kucing tetap mengkilap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com