Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar agar Berbunga Banyak

Kompas.com - 01/06/2023, 13:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mawar merupakan bunga paling populer dan banyak ditanam di seluruh dunia.

Mawar juga merupakan bunga yang tahan banting sehingga tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam menumbuhkannya dengan sukses. 

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Kecoak di Rumah, Lavender hingga Bunga Krisan

Bunga yang hadir dalam berbagai warna cantik ini, seperti putih, pink, merah, kuning, dan orenye, memiliki keindahan yang dapat mempercantik halaman mana pun.

Bunga mawar luar ruangan membutuhkan perawatan rutin untuk memastikannya tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang elegan seperti yang diharapkan.

Meski berkebun bunga mawar sering dianggap sebagai proses sulit pada masa lalu, Anda bisa belajar menanam dan merawat bunga mawar tanpa banyak usaha saat ini. Paling penting adalah mengingat beberapa aspek penting.

Dikutip dari Rhythm of the Home, Kamis (1/6/2023), berikut cara menanam dan merawat bunga mawar agar berbungan banyak. 

Baca juga: Makna Bunga Mawar Menurut Feng Shui

Varietas mawar

Ilustrasi bunga mawar merah. PIXABAY/EKREM Ilustrasi bunga mawar merah.
Hal pertama menanam bunga mawar adalah memilih variertas bunga mawar. Beberapa bunga mawar mekar pada periode berbeda, sementara yang lain adalah pemanjat atau menumbuhkan bunga miniatur.

Meski memiliki gaya mawar yang lebih disukai, penting memilih varietas yang beradaptasi baik dengan iklim tempat tinggal Anda.

Mawar semak yang kuat bekerja lebih baik untuk daerah lebih dingin, sedangkan mawar yang tahan cuaca kering dapat mengatasi panasnya musim panas di daerah lebih hangat dengan efektif. 

Baca juga: 10 Warna Bunga Mawar yang Cantik, Dapat Ditanam di Rumah

Siapkan lokasi penanaman

Setelah memutuskan varietas bunga mawar terbaik, saatnya mempersiapkan lokasi penanaman. Karena bunga mawar membutuhkan setidaknya lima jam sinar matahari setiap hari, sangat penting memilih tempat tepat untuk menanam bunga mawar. 

Meski beberapa naungan ekstra tampaknya tidak akan merugikan mawar pada awalnya, ini tidak akan bekerja secara optimal dan menghasilkan bunga mawar yang mengecewakan.

Maka itu, mereka yang tinggal di daerah lebih dingin harus memilih lokasi lebih dekat dengan fondasi rumah untuk perlindungan musim dingin.

Tanah yang dikeringkan baik dan sedikit asam merupakan lingkungan terbaik menanam bunga mawar. Menambahkan kompos ekstra dianjurkan jika tanah mengandung terlalu banyak tanah liat atau pasir.

Hindari menanam bunga mawar dalam gaya yang ramai karena tanaman membutuhkan sirkulasi udara baik untuk melawan penyakit.

Jalan setapak bisa menjadi tempat baik untuk menanam mawar, tapi pastikan tetap berada di zona cerah. 

Baca juga: 10 Bunga yang Melambangkan Keluarga, Mawar hingga Kacapiring

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com