Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, 4 Cara Membuat Spons Cuci Piring Tahan Lama

Kompas.com - 14/03/2023, 21:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Spons cuci piring adalah alat di dapur yang digunakan setiap hari dan terkena kontak langsung dengan kotoran dan noda. Oleh karena itu, tidak mengherankan spons cuci piring kotor dengan cepat.

Dikutip dari The Kitchn, Selasa (14/3/2023), Anda sebenarnya disarankan untuk mengganti spons setiap seminggu sekali. Akan tetapi, jika Anda menganggap ini berlebihan, ada beberapa cara membuat spons cuci piring tahan lama, tergantung bahannya.

Praktisi pembersihan profesional Vanesa Amaro memberikan beberapa tips untuk membuat spons cuci piring tahan lama yang dapat dilakukan dengan mudah.

Baca juga: Cara Mencegah Spons Cuci Piring Jadi Sarang Bakteri

Ilustrasi spons cuci piring.UNSPLASH/VOLODYMYR HRYSHCHENKO Ilustrasi spons cuci piring.

1. Pastikan spons cuci piring benar-benar kering

Amaro menyarankan untuk mencuci, membilas, dan membiarkan spons benar-benar kering agar tidak mengumpulkan bakteri berbahaya.

Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan memasang penahan spons atau wadah di bagian dalam bak cuci piring dengan lubang drainase untuk memastikan semua air dapat mengalir.

Anda juga dapat menggunakan klip agar spons dapat berdiri tegak saat mengering.

2. Jangan bersihkan spons dengan pemutih

Pemutih dikenal sebagai disinfektan yang ampuh. Akan tetapi, ada banyak hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam penggunaan bahan kimia, terutama di dapur.

Baca juga: Perhatikan, Tanda Spons Cuci Piring Harus Diganti

Meskipun secara teknis aman untuk membersihkan spons dengan pemutih, dan bahkan dapat membersihkan spons ketika diencerkan dengan air (dan hanya direndam selama beberapa menit), bahan kimia tersebut sangat kuat sehingga benar-benar dapat memecah partikel di dalam spons, memperpendek umurnya.

3. Potong spons menjadi dua

Jika spons cukup besar, cara mudah untuk melipatgandakan masa pakainya adalah dengan memotongnya menjadi dua, baik secara diagonal maupun vertikal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com