Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Merawat Tanaman Caladium Berdaun Besar agar Sehat dan Indah

Kompas.com - 07/03/2023, 12:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Caladium adalah salah satu jenis tanaman hias populer yang banyak digemari. Salah satu daya tarik Caladium adalah daunnya yang memiliki warna dan corak yang unik dan menarik.

Selain itu, ada beberapa jenis Caladium yang memiliki daun besar. Jika Anda ingin menanam dan merawat Caladium besar, ingatlah bahwa varietas memainkan peran paling penting.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Selasa (7/3/2023), untuk daun terbesar, pilih varietas seperti Caladium Burning Heart, Lemon Bush, White Christmas, Carolyn Whorton, Red Fash, dan Fannie Munson.

Baca juga: Tips Menyelamatkan Caladium yang Mengalami Busuk Umbi dan Busuk Akar

Ilustrasi tanaman hias Caladium White Christmas. SHUTTERSTOCK/IRENE FOX Ilustrasi tanaman hias Caladium White Christmas.

Berikut beberapa tips merawat tanaman Caladium berdaun besar agar sehat dan indah.

1. Pilih pot yang tepat

Gunakan pot berukuran sekitar 4 sampai 5 kali diameter umbi. Ini akan memberikan semua ruang yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh lebih besar sambil mendapatkan nutrisi dan kelembapan yang tepat.

Jangan memilih pot yang terlalu besar atau kecil karena dapat menimbulkan masalah busuk akar.

2. Cahaya yang cukup

Rahasia di balik cara merawat tanaman Caladium berdaun besar adalah pada jumlah sinar matahari. Terlalu banyak dapat membuat daun gosong, dan terlalu sedikit dapat menghasilkan daun yang lebih kecil dan pudar.

Baca juga: Tips Memilih Pot untuk Tanaman Caladium

Untuk ukuran terbaik, paparkan tanaman ke lebih banyak sinar matahari pagi. Paparan selama tiga sampai jam setiap hari akan baik-baik saja.

Setelah itu, pastikan tanaman mendapat cahaya belang-belang atau cahaya tidak langsung sepanjang hari. Jangan pernah memaparkan tanaman ke sinar matahari sore yang keras.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com