Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2023, 19:13 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber AARP

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur bisa berbau disebabkan beberapa hal, salah satunya bahan makanan. Bau ini bisa bertahan selama berjam-jam, bahkan berhari-hari, dan bisa membuat tak nyaman.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah. Dilansir AARP, Rabu (8/2/2023), berikut cara menghilangkan bau dari dapur.

Baca juga: 5 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Cuka 

Gunakan cuka

Ilustrasi cuka putih.SHUTTERSTOCK/KAI KEISUKE Ilustrasi cuka putih.
Leanne Stapf, Chief Operating Officer The Cleaning Authority, sebuah layanan pembersihan rumah, mengatakan bau amis yang menempel pada wajan dan peralatan memasak ikan dapat dibersihkan dengan mencucinya menggunakan air dan cuka.

Bisa juga menggunakan campuran cuka dan lemon untuk menyeka permukaan yang bersentuhan dengan bahan makanan yang disiapkan.

Cuka juga menetralkan bau di udara. Isi panci dengan secangkir air dan tiga sendok makan cuka. Didihkan selama beberapa menit, biarkan uap menyebar ke seluruh dapur.

Baca juga: 4 Cara Meminimalisir Sisa Aroma Memasak di Dapur 

Buat pewangi

Didihkan 700 mililiter cuka, 236 mililiter air, dan segenggam kayu manis dalam panci. Cuka memecah aroma menyengat, sedangkan kayu manis menghadirkan aromanya.

Pilihan lain, merebus tiga gelas air, satu irisan lemon, dan satu batang kayu manis selama 30 menit. Daun mint segar juga dapat digunakan untuk bahan pewangi.

Jika ingin lebih praktis, semprotkan minyak esensial untuk membersihkan bau di udara.

Seduh secangkir kopi

Apa itu kafein? SHUTTERSTOCK/I KKADEK FERRY DWI YANTA Apa itu kafein?
Selanjutnya, cara menghilangkan bau dari dapur adalah menyeduh secangkir kopi. Semangkuk penuh bubuk kopi juga dapat menetralkan bau lainnya di dapur. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman dan Hilangkan Bau

Gunakan vanila

Jika bau berasal dari oven, gunakan sedikit vanila. Ambil air beberap mililiter dab masukkan dalam cangkir tahan oven, tambahkan tiga hingga empat tetes esens vanila, dan biarkan memanas di dalam oven selama beberapa menit.

Biarkan suhu oven berada pada 148 derajat Celsius atau kurang.

Biarkan udara segar masuk

Membuka jendela dapat menghilangkan bau dari dapur. Selain itu, membuka jendela sebelum memasak makanan yang berbau menyengat juga dapat mencegah dapur berbau. 

Cara ini akan mengedarkan udara dan membiarkan sebagian bau keluar dari dapur. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Beragam Bau di Rumah dengan Ekstrak Vanila

Bersihkan keset

Keset sering kali menyerap bau masakan. Karena itu, bersihkan keset untuk menghilangkan bau dari dapur. 

Anda dapat juga menamburkan baking soda di atas keset dan membiarkannya selaman. "Pada pagi hari, bersihkan baking soda dengan vacuum cleaner dan keset tidak lagi berbau," kata Stapf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com