Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menata Furnitur di Ruang Keluarga agar Tampak Bergaya

Kompas.com - 24/01/2023, 11:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga menjadi tempat utama berkumpul, bersantai, dan menhabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

Tak heran, ruang keluarga menjadi ruangan yang paling banyak mendapat suntikan dekorasi dan penataan untuk membuatnya menarik serta nyaman. 

Baca juga: 5 Kesalahan Pencahayaan Ruang Keluarga yang Harus Dihindari

Ada seni tersendiri membuat ruang keluarga terlihat semenarik dan bergaya. Anda bisa mengikuti beberapa aturan emas yang sederhana, tapi efektif dengan menata furnitur yang ada di ruang keluarga. 

Pasalnya, furnitur kerap menjadi fitur atau benda utama di ruang keluarga seperti sofa, meja kopi, rak, dan buffet. Atur dan tata semua furnitur ini dengan baik serta menarik agar ruang keluarga terlihat tertata. 

Untuk membantu Anda, berikut cara menata furnitur di ruang keluarga dikutip dari My Decorative, Selasa (24/1/2023).  

Baca juga: 5 Cara Menata dan Menggunakan Furnitur di Kamar Tidur Kecil

Ikuti desain tata letak yang telah dicoba dan diuji

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi ruang keluarga.
Desainer interior cenderung menggunakan beberapa desain tata letak yang telah teruji saat melakukan pekerjaan. Menata furnitur berdasarkan seperangkat aturan dasar biasanya menciptakan hasil terbaik.

Jika memiliki ruang keluarga dengan banyak jendela, misalnya, tata letak mengambang bekerja dengan baik. Ini melibatkan menggunakan furnitur mengambang beberapa meter dari dinding untuk menciptakan semacam efek luas pada ruangan. 

Tata letak klasik lainnya, termasuk L-shape dan tata letak simetris yang dirancang untuk menyeimbangkan ruang dengan sempurna. 

Baca juga: Catat, 7 Barang Ini Harus Disingkirkan dari Ruang Keluarga

Pastikan mmilih titik fokus 

Memiliki titik fokus di ruangan adalah alat desain yang kuat dan layak dimanfaatkan. Setelah memilih titik fokus yang sesuai, Anda dapat mengatur furnitur di sekelilingnya. 

Ada beberapa benda di ruanga keluarga yang bisa dijadikan titik fokus seperti televisi (TV) dan sofa. Pilih yang membuat ruang keluarga terlihat menonjol serta menarik. 

Pikirkan posisi meletakkan TV 

Ilustrasi ruang keluarga dengan lantai kayu.Shutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi ruang keluarga dengan lantai kayu.

Selanjutnya, cara menata furnitur di ruang keluarga adalah memilih posisi meletakkan TV dengan tepat. Usahakan menempatkan TV jauh dari area dengan lalu lintas tinggi. 

Namun, pastikan lokasi itu memungkinkan Anda menonton acara TV dengan nyaman saat tidak sedang mengobrol dengan keluarga dan teman. 

Pastikan menyembunyikan kabel TV maupun peralatan elektronik lainnya karena ini bisa membuat ruang keluarga tampak berantakan.  

Baca juga: Ini 6 Gaya Furnitur yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2023

Pikirkan keseimbangan dengan cermat

Desainer interior sering berbicara tentang keseimbangan. Pikirkan tentang ukuran setiap furnitur atau perabotan yang akan masuk ke ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com