Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Melatih Burung Peliharaan Hidup Tanpa Kandang?

Kompas.com - 01/01/2023, 18:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Petkeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu keistimewaan yang dimiliki burung dibanding hewan lainnya adalah kemampuannya untuk terbang. Bahkan burung bisa terbang jauh hingga jarak ratusan kilometer.

Namun, ketika menjadi hewan peliharaan, banyak burung yang hidup dalam sangkar sehingga membuatnya tidak bisa terbang bebas.  

Baca juga: 5 Burung Berwarna Kuning yang Dapat Dipelihara di Rumah

Tak jarang, beberapa orang enggan memelihara burung lantaran ingin melihatnya tetap terbang bebas di udara. Sebab, bagaimanapun, burung diciptakan di bumi untuk melebarkan sayapnya dan menikmati pemandangan dari atas.

Lantas, apakah burung harus menjalani kehidupan kandang selamanya saat menjadikannya sebagai hewan peliharaan? 

Dilansir dari Petkeen, Minggu (1/1/2022), berikut penjelasan lengkap apakah burung peliharaan bisa dilatih hidup tanpa kandang dan tidak terbang jauh. 

Mengapa burung harus hidup tanpa kandang?

Ilustrasi burung sun conure.Shutterstock/Yatra4289 Ilustrasi burung sun conure.
Burung diciptakan untuk hidup di alam bebas. Burung memiliki sayap yang cantik dan fungsional untuk terbang di atas pepohonan.

Namun, saat menjadi hewan peliharaan, kebebasan terbang tersebut seolah terenggut. Burung didorong ke dalam kandang kecil beruji kawat agar tidak kabur atau terbang.

Burung tidak memiliki kebebasan dan menghabiskan banyak waktu sendirian. Tentu saja, kondisi ini bukan kehidupan yang menyenangkan.

Baca juga: 6 Penyakit yang Sering Menyerang Burung Merpati

Namun, ada beberapa jenis burung yang benar-benar harus hidup di kandang tertentu jika menjadi peliharaan. 

Memilih jenis burung yang dapat berkeliaran di waktu senggang bisa memperkuat hubungan burung peliharaan dan pemiliknya.

Akan tetapi, kandang burung benar-benar harus menjadi tempat kedamaian dan penghiburan, bukan pengekangan. 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memelihara Burung

Spesies burung bebas vs dikurung

Ilustrasi burung macaw.PIXABAY/pexels Ilustrasi burung macaw.
Ada banyak spesies burung berbeda yang tersebar di bumi. Banyak penggemar burung memiliki selera berbeda tentang burung mana yang bekerja paling baik di rumah mereka.

Ada beberapa jenis burung yang cocok dengan kehidupan tanpa sangkar atau dapat keluar dari kandangnya seperti burung macaw, kakatua, African greys, dan cockatiel

Namun, ada pula burung kecil yang tidak boleh keluar kandang atau harus "dikurung" lantaran ukurannya yang kecil dapat membuatnya mudah terluka dan sulit ditangkap, di antaranya burung finch, burung merpati, kenari, serta budgies.  

Banyak pemilik burung peliharaan mengizinkan beberapa burung yang lebih besar, seperti burung beo, untuk bebas berkeliaran di rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com