Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Lantai Kayu dengan Air dan Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 24/12/2022, 13:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai kayu adalah salah satu material yang paling banyak dicari di rumah. Lantai kayu memiliki tampilan yang alami dan elegan sehingga membuat rumah terlihat modern dan mewah. 

Selain itu, lantai kayu lebih mudah dibersihkan daripada karpet serta lebih tahan lama. Meski begitu, penting memastikan teknik pembersihan yang tepat untuk lantai kayu. 

Baca juga: Mengapa Lantai Kayu Tampak Kusam? Ini 7 Penyebabnya

Membersihkan lantai kayu tidak dapat dilakukan sembarangan. Pembersihan yang asal, seperti menggosok terlalu kuat dan menggunakan bahan kimia, bisa membuat kayu melengkung dan kilaunya memudar.

Karena itu, perlu merawat lantai kayu dengan larutan pembersih yang lembut, tapi efektif. Cara terbaik membersihkan lantai kayu adalah menggunakan sabun dan sedikit air. 

Namun, tetap perlu berhati-hati saat menggunakan air. Pasalnya, lantai kayu tidak bisa berpadu baik dengan air.

Makai itu, saat membersihkan lantai kayu, pastikan tidak menggunakan terlalu banyak air, yang dapat masuk ke bawah dan merusak kayu. Peras kain pel sampai lembap sebelum menyeka ke lantai kayu.  

Baca juga: Dampak Buruk Mengepel Lantai Kayu, Vinil, dan Laminasi Pakai Air Panas

Ilustrasi membersihkan lantai kayu. SHUTTERSTOCK/FIZKES Ilustrasi membersihkan lantai kayu.
Membersihkan lantai kayu perlu dilakukan secara rutin demi mencegah goresan dari remah-remah, kotoran, dan pasir.

Lantai kayu yang berada di area dengan lalu lintas tinggi harus disapu atau disedot secara teratur—bisa berarti setiap hari—dan dibersihkan dengan kain pel basah seminggu sekali.

Sementara itu, area dengan lalu lintas rendah mungkin hanya membutuhkan perawatan  sebulan sekali. 

Dilansir dari Southern Living, Sabtu (24/12/2022), berikut cara membersihkan lantai kayu dengan air dan sabun cuci piring

Baca juga: Warna Lantai Kayu Terbaik Menurut Desainer Interior

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Cara membersihkan lantai kayu dengan air dan sabun 

Vacuum cleaner dari Dyson V15 Detect sedang bekerja menyedot debu pada lantai kayu.KOMPAS.com/Esra Dopita Maret Vacuum cleaner dari Dyson V15 Detect sedang bekerja menyedot debu pada lantai kayu.
1. Gunakan sapu atau penyedot debu pada pengaturan kayu keras untuk menghilangkan kotoran, debu, dan bulu hewan peliharaan.

2. Campurkan beberapa mililiter air dengan beberapa tetes sabun cuci piring di dalam ember. Aduk perlahan hingga melihat sedikit buih, tetapi tidak ada gelembung besar.

3. Celupkan kain pel ke dalam campuran dan peras sampai agak lembap. G

4. Gosok pel dengan gerakan melingkar pada lantai kayu. Bilas semua kotoran, peras kain pel hingga lembap, dan ulangi hingga seluruh lantai kayu bersih.

5. Biarkan lantai kayu mengering sebagian besar, lalu bersihkan dengan handuk kering. 

Baca juga: 6 Tips Merawat Lantai Kayu Laminasi agar Tetap Bagus dan Tahan Lama

Membersihkan lantai kayu secara mendalam 

Jika ingin melakukan pembersihan mendalam, lewati sabun cuci piring dan ganti dengan campuran air, cuka putih, dan minyak esensial lemon.

Bisa pula menggunakan produk pembersih kayu yang dirancang khusus. Pastikan memilih produk pembersih yang disetujui atau direkomendasikan oleh pelapis lantai agar tidak  merusak lantai kayu atau merusak kilauannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com