Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kucing Saling Menjilati Satu Sama Lain? Ini Kata Para Ahli

Kompas.com - 14/11/2022, 21:23 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing yang saling menjilati satu sama lain mungkin menjadi perilaku yang cukup sering kamu lihat.

Tingkah laku yang tampak menyentuh itu sering kali dianggap sebagai cara perawatan diri atau memandikan satu sama lain.

Tapi, ketika kucing saling menjilati satu sama lain, itu bukan hanya tentang membuat bulu atau tubuh mereka bersih sempurna.

Baca juga: Cara Mencegah Parasit pada Kucing Peliharaan

Dilansir dari Reader's Digest, Senin (14/11/2022), pada artikel ini akan dibahas mengenai beragam makna dibalik tindakan atau perilaku kucing yang saling menjilati satu lain berdasarkan penjelasan para ahli.

Ilustrasi kucing saling menjilati satu sama lainSHUTTERSTOCK/TARA LYNN AND CO Ilustrasi kucing saling menjilati satu sama lain
Mengapa kucing saling menjilat?

Saat dua atau lebih kucing hidup bersama, biasanya setidaknya ada satu yang terus-menerus menjilati yang lain dan terlibat dalam perilaku yang disebut "allogrooming".

Perilaku perawatan ini tidak terbatas pada kucing karena itu juga terjadi pada semua hewan "sosial", termasuk primata.

Saat kucing saling menjilati kepala, itu pertanda kasih sayang, ikatan, dan kepercayaan. Perilaku demikian juga sangat berguna bagi seekor kucing dari perspektif perawatan.

"Ini (kepala) adalah area tubuh yang tidak dapat dijangkau kucing untuk merawat dirinya sendiri. Jadi, (menjilati satu sama lain) pasti ada fungsinya, yakni saling membantu di tempat yang sulit dijangkau," jelas LeeAnna Buis, konsultan pelatihan dan perilaku kucing di Seattle, Amerika Serikat.

Baca juga: Seberapa Sering Kucing Pipis dalam Sehari?

Ada juga alasan lain mengapa kucing menjilat satu sama lain, yang mana itu tidak ada hubungannya dengan perawatan dan semua yang berkaitan dengan naluri bertahan hidup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com