Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Jumlah Kamera CCTV yang Dibutuhkan Sebuah Rumah?

Kompas.com - 14/11/2022, 13:58 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara membuat hunian lebih aman adalah memasang kamera keamanan atau CCTV.

Dengan begitu, dapat memantau setiap situasi maupun area di hunian dengan mudah melalui ponsel, bahkan saat tidak berada di rumah.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memasang CCTV di Rumah

Demi meningkatkan keamanan, beberapa rumah menghadirkan lebih dari satu kamera CCTV. Namun, berapa sebaiknya jumlah kamera CCTV yang dibutuhkan sebuah rumah? 

Dilansir dari Family Handyman, Senin (14/11/2022), sebelum membeli kamera keamanan, pikirkan tentang tata letak hunianmu dan area mana yang ingin dipantau.

Sebab, tidak ada gunanya memasang banyak kamera CCTV atau lebih dari yang dibutuhkan. Setelah itu, ingatlah bahwa beberapa sistem kamera menggunakan hub lokal untuk merekam rekaman. Setiap hub hanya kompatibel dengan sejumlah kamera tertentu saja. Jadi, membeli banyak kamera CCTV memerlukan hub tambahan.

Baca juga: Catat, Ini 6 Area Terbaik Memasang CCTV di Rumah

Ilustrasi CCTV di rumah, memasang CCTV di luar rumah.PIXABAY/JACOTHEWACKO Ilustrasi CCTV di rumah, memasang CCTV di luar rumah.

Kebanyakan orang memerlukan dua hingga empat kamera CCTV di luar rumah dan satu atau dua di dalam ruangan. Namun, jumlah kamera CCTV tergantung pada tujuan dan kebutuhan.

Misalnya, jika hanya ingin memantau teras, kamu hanya memerlukan kamera bel pintu rumah. Namun, apabila ingin cakupan kamera meliput properti secara menyeluruh, kamu mungkin memerlukan persiapan lebih rumit. 

Kamera pada pintu depan dan belakang bisa memantau atau menangkap siapa saja yang datang dan pergi dari rumah Anda. Kemudian, tambahkan kamera di setiap sisi rumah untuk melihat sisa halaman. 

Selanjutnya, tambahkan satu kamera dalam ruangan ke setiap ruangan yang ingin dipantau. Namun, hindari menggunakan kamera CCTV di kamar tidur dan kamar mandi untuk privasi.

Baca juga: Ketahui, Ini Plus Minus Memasang CCTV di Rumah Sebelum Membeli

Jumlah kamera CCTV di luar ruangan

Ilustrasi CCTVSHUTTERSTOCK/APCHANNEL Ilustrasi CCTV

Jika memiliki halaman rumah yang luas atau bangunan luar ruangan, memiliki empat kamera CCTV mungkin tidak cukup. Sebaiknya, memasang kamera CCTV pada area yang ingin  diamankan atau menjadi celah keluar-masuk orang seperti pintu atau teras depan, pintu samping, dan pintu belakang rumah.

Selain itu, area gudang jika punya, area bermain anak atau hewan peliharaan, kolam renang, garasi atau carport, dan area hiburan luar ruangan.

Setiap area ini memerlukan kamera CCTV tersendiri, kecuali bila  saling berdekatan dan mudah dipantau dengan satu kamera keamanan saja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com