Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Tangki Kloset Duduk dengan Cuka Putih

Kompas.com - 08/11/2022, 16:33 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada satu area yang sering terlewatkan ketika membersihkan kamar mandi, yakni tangki kloset duduk.

Kebanyakan orang lebih fokus membersihkan dudukan kloset, mangkuk kloset, selang penyiram, dan tombol atau gagang penyiram dibanding tangki kloset. 

Baca juga: Ingin Mengganti Kloset Jongkok Dengan Kloset Duduk? Perhatikan Hal Ini

Padahal, tangki kloset tidak kalah penting dan perlu dibersihkan secara rutin lantaran bagian dalamnya bisa menampung karat, jamur, lumut, serta bakteri.

Hal-hal ini bisa menyebabkan bau tidak sedap, mengganggu fungsi, dan memperpendek usia penggunaan kloset. 

Namun, berapa sering harus membersihkan tangki kloset? 

Dilansir dari This Old House, Selasa (8/11/2022), tangki kloset sebaiknya dibersihkan minimal dua kali setahun untuk menghindari pertumbuhan jamur, karat, dan kotoran lainnya.

Pembersihan secara berkala juga berfungsi mencegah penumpukan mineral yang dapat merusak tangki kloset.

Selain itu, tangki kloset yang dibiarkan kotor dapat mengeluarkan bau tidak sedap di kamar mandi serta membuat komponen lain berkarat. 

Baca juga: Cara Membersihkan Nat di Sekitar Kloset

Cara membersihkan tangki kloset duduk

Ilustrasi kloset, kloset duduk.FREEPIK/MRSIRAPHOL Ilustrasi kloset, kloset duduk.

Membersihkan tangki kloset duduk ternyata tidak ribet. Kamu hanya perlu menyiapkan cuka putih, sarung tangan karet, pembersih serbaguna, spons, dan sikat gosok. 

Gunakan sarung tangan karet sebelum memulai pembersihan. Selanjutnya, buka penutup tangki kloset duduk dan letakkan di area lain.

Tanpa menguras airnya, tuangkan cuka putih ke dalam tangki hingga satu inci di bawah tepian bagian atas tangki. Diamkan selama 12 jam agar cuka putih dapat melarutkan endapan mineral, karat, dan jamur.

Baca juga: Ini Waktu Terbaik untuk Membersihkan Tangki Kloset Duduk

 

Matikan katup air kloset dan siram kloset beberapa kali untuk menghilangkan cuka dari tangki hingga tangki benar-benar kosong.

Gunakan sikat untuk menggosok bagian dalam tangki guna menghilangkan penumpukan kotoran. Bersihkan bagian logam dengan spons untuk menghilangkan karat.

Jika dinding tangki kloset masih terlihat kotor, semprotkan pembersih serbaguna, diamkan selama waktu yang disarankan produsen produk, dan gosok. Ulangi langkah pembersihkan bila tangki kloset masih kotor. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Tangki Kloset agar Bebas Karat dan Jamur

Nyalakan kembali katup air, tunggu hingga tangki kloset penuh dengan air, dan siram kloset. Lakukan hingga air dalam tangki dan mangkuk kloset sudah jernih. Jika sudah, pasang kembali tutup tangki kloset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com