Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Warna Cat yang Sesuai dengan Kepribadian Anda

Kompas.com - 03/11/2022, 17:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat dapat menunjukkan cerminan dari pemilik rumah. Apakah  tertarik pada warna cerah atau gelap.

Warna cat adalah pilihan yang sangat pribadi dan memberi rumah banyak karakter. Karena merupakan elemen desain yang penting, pilih warna cat yang sesuai dengan kepribadian Anda. 

Baca juga: 3 Keuntungan Menggunakan Warna Cat Gelap di Kamar Tidur

Erika Woelfel, Wakil Presiden dan Kreatif di Behr, mengatakan kekuatan warna memiliki kemampuan mengubah suasana dalam ruangan.

Penting mempertimbangkan warna cat yang dapat memunculkan suasana hati dalam diri sehingga merasa nyaman berada di rumah.  

Ada lima tipe kepribadian yang digunakan psikolog untuk membantu orang memahami ciri-ciri karakter inti mereka, yakni keterbukaan, kesadaran, ekstraversi, keramahan, dan neurotisisme.

"Kategori ini menawarkan titik referensi bagi publik untuk memahami perilaku, sikap, serta cara berpikir, beroperasi, dan berhubungan dengan dunia mereka sendiri dan orang lain," kata Monica Vermani, psikolog klinis dan penulis buku Deeper Health: Conquering Stress, Mood, Anxiety, and Trauma.  

Dilansir dari Martha Stewart, Kamis (3/11/2022), berikut penjelasan lengkap kelima kepribadian tersebut dan warna cat yang sesuai.   

Baca juga: Skema Warna Cat Terbaik untuk Eksterior Rumah

Keterbukaan 

Ilustrasi cat, Ilustrasi sample warna cat.Shutterstock/New Africa Ilustrasi cat, Ilustrasi sample warna cat.
Keterbukaan meliputi kepribadian sangat imajinatif, kreatif, suka berpetualang, berani mengambil risiko, memiliki minat luas terhadap dunia, dan bersemangat mengalami hal-hal baru. 

"Warna yang lebih cerah, jenuh, dan lebih dalam cenderung tersedia untuk pengambil risiko," ucap Sue Wadden, Direktur Pemasaran Warna di Sherwin-Williams.

Tipe kepribadian ini tidak takut mencoba sesuatu baru. Sue merekomendasikan memilih warna jenuh seperti merah, kuning, dan oranye.

Namun, saat mendekorasi ruang yang dimaksudkan untuk kenyamanan, orang yang terbuka harus mempertimbangkan memilih warna lebih gelap.

Ahili cat Annie Sloan mengatakan di ruang tenang, ciptakan ruang gelap menggunakan nada permata yang kaya dan memanjakan, yang dapat membantu Anda beristirahat serta menenangkan pikiran.  

Baca juga: 7 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Mandi Berdasarkan Feng Shui

Conscientiousness

Conscientiousness meliputi kepribadian bijaksana, kontrol impuls superior, berorientasi pada tujuan, memperhatikan detail.

Orang Conscientiousness terorganisir, bekerja pada pekerjaan yang melibatkan perhatian terhadap detail dan organisasi, secara teratur merencanakan ke depan, dan menganalisis perilaku mereka untuk mempengaruhi orang lain.

Pertimbangkan memilih warna dengan nada sejuk saat memilih warna cat untuk tipe kepribadian ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com