Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bunga Ini Mengeluarkan Aroma Jeruk yang Menyegarkan

Kompas.com - 03/09/2022, 12:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aroma jeruk dikenal meningkatkan produksi hormon serotonin, yang dapat meningkatkan mood dan semangat. Selain itu, aroma jeruk juga merangsang sistem saraf, membuat Anda lebih waspada, penuh perhatian, dan bahagia.

Beberapa tanaman bunga pun ternyata mengeluarkan aroma jeruk. Oleh karena itu, Anda dapat menanam tanaman bunga beraroma jeruk ini di rumah untuk meningkatkan suasana hati Anda.

Dilansir Balcony Garden Web, Sabtu (3/9/2022), berikut beberapa bunga yang mengeluarkan aroma jeruk, yang cocok ditanam di area rumah.

Baca juga: 5 Tanaman Bunga yang Cantik tapi Berduri

Pelargonium citrosum atau citronella geranium memiliki bau seperti minyak citronella yang efektif sebagai tanaman pengusir
 serangga.SHUTTERSTOCK/OXANOCHKA2003 Pelargonium citrosum atau citronella geranium memiliki bau seperti minyak citronella yang efektif sebagai tanaman pengusir serangga.

1. Geranium beraroma lemon

Berasal dari Afrika Selatan, tanaman bunga ini juga beraroma lemon seperti bunganya. Bunganya sangat harum dan penampilannya mencolok daripada geranium biasa.

Daunnya berbentuk kipas dan terlihat menarik karena tepinya yang berkerut. Tanaman ini memiliki dedaunan semak dan berbulu dan dapat mencapai ketinggian sekitar 60 cm.

Bunga ini cocok menjadi tanaman pot yang indah, dan mereka yang tinggal di iklim dingin dapat menanam ini sebagai tanaman tahunan.

Untuk menanam tanaman bunga ini, Anda harus menggunakan tanah lempung yang ringan. Tempatkan tanaman di tempat yang menerima setidaknya 5 jam sinar matahari langsung.

Baca juga: 11 Bunga yang Cocok Ditanam di Balkon, Penuh Warna dan Wangi

Di daerah tropis yang kering, perlindungan dari sinar matahari sore sangat penting. Berikan jarak minimal 6 inci untuk pertumbuhan akar yang memadai.

2. Mock Orange

Mock Orange adalah tanaman semak berukuran kecil hingga sedang yang cocok untuk ditanam di pot. Bunganya berwarna putih dengan bau seperti jeruk yang menyegarkan dan mulai muncul saat cuaca panas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com