Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2022, 17:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara anjing di rumah memberikan banyak kesenangan, hiburan, dan mengusir stres.

Namun, hal itu juga membuat Anda mengajukan banyak pertanyaan yang tidak akan pernah dapat dijawab anjing peliharaan. Salah satunya, mengapa anjing memakan kotoran? 

Baca juga: 5 Ras Anjing Asal Tiongkok dan Sejarahnya yang Menarik

Dikutip dari Mental Floss, Rabu (31/8/2022), Laurie S. Coger, DVM, dokter hewan dari American Kennel Club (AKC)—badan pengasuhan anjing Amerika Serikat—mengatakan mengunyah tanah atau memakan kotoran dapat menjadi indikasi keadaan emosional anjing.

Hewan peliharaan yang stres atau bosan dapat menelan bahan yang tidak dapat dimakan seperti kotoran. 

Selain itu, seekor anjing memakan kotoran juga bisa menjadi cara untuk mencoba dan meringankan beberapa jenis penyakit kesehatan seperti anemia (jumlah sel darah rendah), sakit perut, atau semacam kekurangan gizi. 

Baca juga: 6 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Raksasa Lembut dan Penolong

Ilustrasi anjing di taman, ilustrasi anjing Golden retriever.Unsplash/Angel Luciano Ilustrasi anjing di taman, ilustrasi anjing Golden retriever.
Terlepas dari reputasi memiliki perut besi, tentu tak ada pemilik yang bertanggung jawab membiarkan anjing peliharaan memakan kotoran. 

Memakan terlalu banyak kotoran dapat membuat anjing mengembangkan impaksi di usus, yang akhirnya memerlukan pembedahan untuk mengatasinya.

Kotoran juga mengandung pestisida, racun, batu, dan hal-hal lain yang dapat melukai anjing peliharaan secara serius.

“Setiap perilaku baru yang tidak wajar, seperti makan kotoran, harus segera ditindaklanjuti, baik menyebabkan masalah serius maupun sebelum menjadi kebiasaan," ucap Coger.  

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Great Dane, Sahabat Bulu Tertinggi di Dunia

Kebiasaan buruk ini bisa dicontoh anjing lain di rumah bila memelihara lebih dari satu sahabat bulu. Tentu saja, Anda tidak menginginkan rumah penuh dengan pemakan kotoran. 

Untuk itu, apabila melihat anjing peliharaan memakan kotoroan, bawalah ke dokter hewan guna memeriksa apakah ada penyimpangan perilaku.

Jika masalah berlanjut, cobalah membuat anjing sibuk dan aktif sehingga mereka cenderung tidak memakan yang bukan makanannya atau kotoran.  

Baca juga: Lucu dan Menggemaskan, Ini 5 Ras Anjing yang Terlihat Mirip Boneka

Selain itu, beberapa anjing juga suka mencari makanan di tempat sampah. Untuk itu, tutup semua tempat sampah, baik di dalam maupun di luar rumah.

Jika melihat anjing peliharaan makan kotoran, Anda dapat mencegah perilaku tersebut dengan memberi tahu mereka secara baik "tidak" atau "tolong berhenti makan kotoran." 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com