Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Benda di Rumah yang Harus Dibersihkan Setiap Minggu

Kompas.com - 24/08/2022, 14:02 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika membersihkan rumah, beberapa orang hanya terpaku pada menyapu dan mengepel lantai, mengelap debu dari permukaan furnitur, atau mengelap kaca jendela.

Padahal, setiap benda di rumah perlu dibersihkan guna memastikan hunian benar-benar bebas dari debu, noda, kotoran, maupun bakteri

Di samping itu, ada beberapa benda di rumah yang harus dibersihkan setiap minggu seperti dilansir Your Home and Garden, Rabu (24/8/2022). Apa saja?

Baca juga: 9 Benda di Rumah yang Bisa Dibersihkan Pakai Garam

Kuas makeup

Kuas makeup yang tidak dibersihkan dapat menimbulkan jerawat, iritasi, hingga infeksi.PIXABAY/YASINYASINTHA Kuas makeup yang tidak dibersihkan dapat menimbulkan jerawat, iritasi, hingga infeksi.

Kuas makeup untuk eyeshadow dan blush onharus dicuci seminggu sekali menggunakan larutan pembersih atau sampo agar kulit wajah tetap mulus dan bebas jerawat,

Sebab, bakteri streptokokus bisa hidup pada bulu-bulu kuas sehingga bisa menyebabkan serangkaian penyakit seperti demam scarlet, impetigo, dan radang tenggorokan jika tidak dibersihkan secara rutin. 

Baca juga: 6 Benda yang Dapat Merusak Energi di Kamar Tidur

Seprai dan sarung bantal

Benda lainnya yang harus dibersihkan setiap pekan adalah seprai, sarung bantal, sarung guling, dan selimut. Kasur juga harus dijemuar atau dianginkan setiap pekan di ruang terbuka. 

Bahkan, jika memungkinkan, sarung bantal sebaiknya dicuci setiap dua hari sekali. Permukaan kasur sebaiknya turut dibersihkan dengan penyedot debu setiap dua minggu sekali.

Baca juga: 6 Benda di Rumah yang Tidak Boleh Dibersihkan Pakai Sabun Cuci Piring

Serbet

Serbet harus dicuci setiap hari atau setiap dua hari, tergantung pada seberapa sering  menggunakan dapur untuk menghindari penumpukan bakteri.

Untuk menjaga kebersihannya, gunakan serbet yang berbeda untuk setiap kegiatan. Misalnya, gunakan satu serbet untuk mengeringkan peralatan makan dan satu serbet lainnya untuk persiapan makanan.

Keyboard komputer atau laptop

Tampilan tombol Esc di keyboard Vivobook Pro 14X OLED yang unik, begitu juga elemen visual dan tulisan-tulisan keren yang menempel di bagian atas keyboard. KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan tombol Esc di keyboard Vivobook Pro 14X OLED yang unik, begitu juga elemen visual dan tulisan-tulisan keren yang menempel di bagian atas keyboard.

Jika memiliki komputer atau laptop, keyboard wajib dibersihkan seminggu sekali untuk menghentikan penyebaran kuman.

Bersihkan menggunakan sekaleng udara bertekanan (compressed air) untuk disemprotkan di antara tombol, lalu seka seluruh permukaan dengan kain lap.

Baca juga: 9 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Soda Kue

Mainan anak-anak

Mainan anak-anak harus dibersihkan seminggu sekali. Untuk mainan bermaterial keras, cuci dengan mesin pencuci piring dengan air sabun hangat atau cuci secara manual dengan tangan.

Sementara mainan bermaterial lunak seperti boneka beruang, bisa dibersihkan dengan mesin cuci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com