Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Sayur yang Cepat Tumbuh dan Mudah Ditanam

Kompas.com - 31/07/2022, 17:50 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak petani saat ini lebih memilih menanam tanaman yang cepat tumbuh. Sebab, semakin cepat tanaman tumbuh, semakin cepat waktu panennya.

Kebutuhan tanaman yang tumbuh dengan cepat semakin tinggi. Maka itu, banyak orang menemukan tanaman unggul yang memiliki umur singkat untuk tumbuh. 

Baca juga: 7 Tanaman Sayur yang Paling Cepat Tumbuh, Apa Saja? 

Ada beberapa jenis tanaman yang bisa tumbuh dalam waktu singkat dan cepat memanennya, salah satunya tanaman sayur atau hortikultura.

Dilansir dari situs milik Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Lampung, Minggu (31/7/2022), berikut beberapa tanaman sayur yang cepat tumbuh dan mudah ditanam. 

Kangkung

Ilustrasi kangkung, ilustrasi hidroponik.SHUTTERSTOCK / Baihaqi1997 Ilustrasi kangkung, ilustrasi hidroponik.

Kangkung adalah tanaman yang cepat tumbuh, bahkan dalam hitungan hari. Tanaman sayur ini juga bisa dipanen dalam waktu singkat, yaitu sekitar tiga minggu setelah tanam.

Tak hanya itu, tanaman kangkung dapat  dibudidayakan pada musim apa saja dan cara menanamnya sangat bervariasi, baik hidroponik maupun di tanah langsung. 

Anda bisa menanam di lahan terbuka atau menggunakan sistem hidroponik.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Kangkung di Polybag

Bayam

Selanjutnya, tanaman sayur yang cepat tumbuh adalah bayam. Sayuran hijau ini dapat tumbuh subur di tempat teduh, tapi tetap memerlukan sinar matahari yang cukup.

Sama dengan kangkung, bayam juga bisa ditanam secara konvensional atau hidroponik. Sayuran tinggi zat besi ini bisa dipanen pada umur 40 hari setelah tanam (HST).

Sawi Hijau

Ilustrasi menanam sawi hijau atau caisim. SHUTTERSTOCK/THAMKC Ilustrasi menanam sawi hijau atau caisim.
Sawi hijau termasuk tanaman sayur yang cepat tumbuh. Tempat lembap dengan unsur hara lengkap bisa membuat sawi hijau lebih cepat tumbuh.

Sawi ini bisa dipanen saat umurnya 30-40 HST. Cara penennya cukup mudah, Anda bisa langsung mencabut tanaman dan membuang akarnya sebelum dijual.

Baca juga: Cara Menanam Caisim atau Sawi Hijau di Pekarangan Rumah

Selada

Tentu sudah tidak asing dengan sayuran satu ini. Biasanya, selada dikonsumsi sebagai salad atau tambahan pada makanan fast food.

Selada termasuk tanaman sayur yang cepat tumbuh dan bisa dibudidayakan dengan cara konvensional maupun hidroponik.

Baca juga: Mengenal Sayur Lobak dan Manfaatnya bagi Tubuh 

Lobak

Terakhir, tanaman sayur yang cepat tumbuh adalah lobak. Tanaman ini memiliki masa panen relatif singkat, yaitu hanya 24-60 HST, dan merupakan sayuran dengan sistem perakaran dangkal. 

Itulah sejumlah tanaman sayur yang cepat tumbuh. Jika dirawat dengan baik, tanaman tersebut tak hanya cepat tumbuh, tapi juga bisa dipanen dengan hasil maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com