Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Cara Menggunakan Herbisida yang Benar agar Efektif

Kompas.com - 30/07/2022, 16:47 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Herbisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan gulma. Cara aplikasi herbisida yang benar membuat teknik pengendalian ini efektif dan efisien.

Tak hanya itu, cara aplikasi yang benar juga bisa meminimalisir dampak negatif yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan bahan kimia tersebut.

Lantas, bagaimana cara aplikasi herbisida yang baik dan benar?

Baca juga: Herbisida adalah Obat untuk Gulma, Begini Efeknya

Ilustrasi menyemprotkan herbisida untuk membasmi gulma.SHUTTERSTOCK/PLO Ilustrasi menyemprotkan herbisida untuk membasmi gulma.

Menurut penjelasan di buku Kupas Tuntas Agribisnis Kelapa Sawit, dikutip pada Sabtu (30/7/2022), Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis herbisida yang akan digunakan, jenis gulma yang akan dikendalikan, waktu aplikasi, rotasi, dosis, hingga konsentrasi herbisida yang dibutuhkan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Menentukan jenis herbisida

Jenis herbisida sebenarnya sangat banyak. Meskipun demikian, yang sering menjadi pertimbangan dalam menentukan jenis herbisida yaitu cara kerjanya.

Jika dilihat dari cara kerjanya, herbisida terbagi menjadi herbisida sistemik dan kontak. Herbisida sistemik adalah herbisida yang bekerja dengan cara masuk ke jaringan tanaman.

Sedangkan, herbisida kontak adalah jenis herbisida yang bekerja secara kontak dan akan merusak bagian tumbuhan yang terkena herbisida tersebut.

Baca juga: Mengenal Herbisida Sistemik, Cara Aplikasi, dan Contohnya

2. Mengidentifikasi gulma sasaran

Gulma adalah tumbuhan di area budidaya yang dapat menggangu tanaman budidaya. Jenis gulma sangat beragam, dari yang berdaun lebar hingga berdaun sempit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com