Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Meletakkan Cermin agar Ruangan Tampak Lebih Besar

Kompas.com - 29/07/2022, 18:34 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya berguna memeriksa penampilan sebelum meninggalkan rumah, cermin juga bisa menjadi dekorasi serta memberikan kesan luas dan lapang pada ruangan.

Misalnya, cermin memiliki bingkai yang beragam yang dapat menambah dekorasi ruangan seperti bingkai cermin berukir emas di ruangan bergaya antik dan bingkai hitam atau putih sederhana di ruangan yang lebih modern. 

Baca juga: 3 Tips Memilih Cermin yang Tepat untuk Dekorasi Ruangan

Selain itu, cermin bisa membuat ruangan tampak lebih cerah sebenarnya, yang akhirnya membuat ruangan terasa lebih nyaman dan mengundang.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (29/7/2022), berikut cara meletakkan cermin untuk membuat ruangan tampak lebih besar.  

Baca juga: Cermin Menghadap Pintu Masuk Rumah, Apakah Bagus Menurut Feng Shui?

Letakkan di seberang jendela

Ilustrasi cermin.SHUTTERSTOCK / Followtheflow Ilustrasi cermin.
Penempatan cermin pada dinding di seberang atau dekat jendela dapat memantulkan cahaya yang masuk melalui jendela, terutama di ruangan kecil, karena jarak jendela tidak terlalu jauh.

Cahaya ekstra ini membuat ruangan terlihat lebih terang sehingga menghilangkan beberapa tekanan yang terkadang terlihat di ruang kecil yang gelap atau berantakan. 

Baca juga: Haruskah Menghindari Meletakkan Cermin di Kamar Tidur?

Lorong atau seberang area terbuka

Karena cermin memantulkan area di sekelilingnya, perhatikan cara meletakkan cermin. Cermin perlu diletakkan secara strategis untuk membuat ruangan tampak lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Misalnya, menempatkan cermin pada dinding di seberang lorong atau seberang area yang terbuka ke ruangan yang lebih besar dapat membuat ruang terasa terbuka serta tampak lebih luas.

Semakin besar cermin yang digunakan, semakin luas efek yang ditampilkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com