Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2022, 09:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecap, saus, minyak, dan noda lainnya merupakan musuh bagi kemeja atau pakaian putih saat dikenakan, sebab ini dapat meninggalkan noda dan sulit dihilangkan.

Terlebih ketika menggunakan metode pembersihan yang salah, akan membuat pakaian semakin kusam dan akhirnya tidak dapat dipakai lagi.

Lalu, bagaimana cara mencuci pakaian putih agar bebas dari noda?

 

Baca juga: 4 Cara Tepat Menggunakan Mesin Cuci untuk Pakaian Lebih Bersih

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / birdbyb stockphoto Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Dilansir Martha Stewart, Sabtu (9/7/2022), ada cara untuk mencuci pakaian putih agar bebas noda, dan yang pertama harus dilakukan adalah periksa intruksi pencucian setiap pakaian, karena pakaian memiliki perbedaan penanganan pencucian. 

Selanjutnya, pisahkan pakaian putih ini dengan pakaian berwarna lainya, sebab mereka tidak boleh dicuci dengan pakaian berwarna-warni, yang dapat mengakibatkan luntur.

Kemudian, urutkan ke dalam tumpukan, satu untuk dicuci dengan mesin cuci dan yang lainnya untuk dicuci dengan tangan.

Untuk yang pertama, direkomendasikan menggunakan air panas saat ingin memasukkannya ke mesin cuci. Selain itu, jika ada pakaian yang harus dicuci dengan tangan, gunakan air biasa. 

Baca juga: Gampang, Begini Cara Membersihkan Noda Sunscreen pada Pakaian

Gunakan air panas dan obat tetes mata

Menurut Stewart, Anda bahkan dapat melewatkan bahan pemutih, karena air panas akan berhasil membuat pakaian putih kembali.

Namun, jika Anda benar-benar perlu menggunakan pemutih, ikuti sarannya dan gunakan pemutih formula berbasis oksigen, alih-alih pemtih berbasis klorin karena ini dapat melemahkan kain dan membuat pakaian lebih cepat rusak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com