Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2022, 11:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama cuaca panas, satu-satunya hal yang lebih buruk daripada panas yang berlebihan adalah besarnya tagihan listrik di rumah.

Selain penggunaan AC biasa pada ruangan, AC portabel adalah cara yang bagus dan terjangkau untuk membuat Anda dan keluarga tetap sejuk, sekaligus menjaga pembengkakan tagihan listrik Anda. 

Dilansir dari Learning Center Compact Appliance, Selasa (31/5/2022) berikut enam alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk membeli AC portabel untuk membantu Anda menurunkan penggunaan energi, dan pada akhirnya menghemat uang Anda.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kinerja AC Rumah agar Lebih Efisien

Ilustrasi AC portable, AC portabel. SHUTTERSTOCK/RAKSHA SHELARE Ilustrasi AC portable, AC portabel.

1. Opsi pendinginan hemat energi

Salah satu alasan yang lebih jelas mengapa AC portabel dapat menurunkan tagihan listrik Anda adalah karena dapat dengan mudah dipindahkan dari kamar ke kamar.

Di mana pun Anda berada di rumah, Anda dapat yakin bahwa Anda akan berada di ruangan yang sejuk dan nyaman.

Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan AC lebih sedikit, atau bahkan mungkin tidak sama sekali, dan tetap menjaganya tetap sejuk di area rumah yang paling penting ruangan tempat Anda dan keluarga berada.

2. AC portabel menghemat uang

Mengapa menjaga seluruh rumah tetap dingin ketika Anda tidak ada yang menempati kamar-kamar? Ini membuang-buang energi dan uang.

 

Baca juga: Tips Menggunakan AC pada Musim Hujan

Itulah sebabnya AC portabel adalah pilihan efisien yang memungkinkan Anda mengontrol suhu dalam ruangan dengan cara yang strategis. 

3. Kontrol suhu yang lebih baik

Selain manfaat efisiensi energi dari AC portabel, Anda juga dapat menghemat uang dengan mengubah suhu ke pengaturan yang lebih tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com