Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Desain Ruang Cuci yang Sebaiknya Dihindari

Kompas.com - 03/05/2022, 17:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan mendesain ruang cuci, penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Dengan demikian, tata letak ruang cuci menjadi nyaman dan fungsional.

Dilansir Real Homes, Selasa (3/5/2022), Gwen Whiting, salah satu pendiri The Laundress mengatakan, ruang cuci adalah ruang kerja dan ruang yang berfungsi untuk melakukan tugas dengan baik.

"Sama seperti ruangan penting lainnya, seperti dapur atau ruang tamu, Anda harus mempertimbangkan gaya hidup Anda dan bagaimana Anda dapat memaksimalkan fungsi untuk mendukungnya melalui desain area ini," kata dia.

Baca juga: Catat, Ini Cara Menghilangkan Penyebab Alergi di Ruang Cuci

Ilustrasi ruang cuci, ruang mencuci, mesin cuci.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi ruang cuci, ruang mencuci, mesin cuci.

Untuk membantu Anda mengetahui desain terbaik untuk ruang cuci, berikut beberapa kesalahan umum di ruang cuci yang harus dihindari.

1. Pencahayaan buruk di ruang cuci

Selama fase perencanaan, salah satu hal terbesar yang perlu dipertimbangkan adalah pencahayaan di ruang cuci. Pencahayaan redup dapat berarti Anda tidak dapat melihat noda pakaian yang perlu dirawat, simbol mesin cuci, dan menyortir beban cucian.

Helen White, Desainer Interior dan salah satu pendiri Houseof.com menjelaskan ruang cuci sering kali menjadi ruang yang sempit, tetapi ini adalah ruang yang membutuhkan banyak cahaya, terutama saat memilah pakaian warna terang dan gelap.

"Dalam hal pencahayaan ruang ini, Anda membutuhkan fitting yang lebih kecil yang memberikan daya tarik," jelas White.

Baca juga: 7 Ide Ruang Cuci Sempit tapi Tetap Bergaya

Berikut adalah tips dari White untuk menerangi ruang cuci secara efektif

Pencahayaan di bawah kabinet

"Jika Anda tidak memiliki langit-langit yang tinggi dan memiliki lemari yang membatasi penggunaan lampu langit-langit, gunakan lampu bawah meja untuk mendukung skema pencahayaan," jelas White.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com