Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2022, 12:36 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Mencuci pakaian dengan mesin cuci tentunya lebih mudah dan hemat waktu. Hal ini yang membuat alat elektronik satu ini memiliki peranan yang penting di rumah.

Ketika mesin cuci bermasalah, pekerjaan kita akan semakin bertambah dan pakaian kotor menumpuk. Sebaiknyanya segera hubungi jasa servis jika mesin cuci tak lagi bisa beroperasi.

Sebelum mesin cuci mati total, biasanya ia akan menunjukkan gejala-gejala kerusakan seperti bunyi keras, kipas yang berhenti berputar ataupun kebocoran pada pipa.

Melansir dari Appliance Service, Jumat (29/4/2022), berikut ini merupakan indikasi masalah dimana kamu memerlukan teknisi untuk memperbaikinya.

Baca juga: Ingin Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci? Perhatikan Ragam Hal Ini

Mesin cuci berhenti berputar

Jika putaran mesin cuci berhenti ditengah siklus pencucian, periksa bagian dalam mesin cuci mungkin ada benda keras yang ikut dalam proses pencucian.

Sebelum memeriksa, pastikan untuk mematikan mesin terlebih dahulu. Jika tidak ada benda keras atau benda lain yang tersangkut, cobalah hubungi jasa servis mesin cuci agar masalah segera teratasi.

Baca juga: 5 Cara Merawat Mesin Cuci Agar Tidak Cepat Rusak

Mesin cuci mengeluarkan suara keras

Ilustrasi mesin cuci bukaan atas. SHUTTERSTOCK/FAIZZAMAL Ilustrasi mesin cuci bukaan atas.

Mesin cuci biasanya mengeluarkan suara saat proses pencucian, namun sebaiknya hubungi jasa servis jika suara sudah sangat mengganggu dan keras.

Penyebabnya mungkin berasal dari bantalan bak yang perlu diganti. Suara keras juga bisa berasal dari drum dan segel pada tabung, untuk itu sebaiknya masalah ini segera teratasi sebelum rusak total.

Baca juga: Simak, Ini Cara Mencuci Topi Tanpa Menggunakan Mesin Cuci

Mesin cuci bergetar selama proses pencucian

Terkadang mesin cuci sedikit bergetar pada titik-titik tertentu dalam siklus pencucian. Namun jika seluruh mesin memantul dan bergetar, itu merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang salah.

Mungkin salah satu peredam kejut terlepas saat pemindahan, tetapi ini bisa juga disebabkan oleh masalah suspensi mesin juga.

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Mesin Cuci dan Membuatnya Lebih Tahan Lama

Mesin cuci bocor

JIka mesin cuci bocor mungkin masalahnya ada pada pipa pembuangan yang rusak, sebaiknya segera hubungi teknisi.

Ini bisa terjadi meskipun mesin cuci masih terhitung baru. Kamu mungkin perlu melakukan penggantian pipa untuk mengatasi masalah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com