Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, 2 Benda Ini Tidak Boleh Dimasukkan ke Mesin Cuci

Kompas.com - 08/04/2022, 13:43 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Umumnya, orang-orang akan memeriksa kembali pakaian yang hendak dicuci sebelum memasukkannya ke mesin cuci.

Hal ini guna memastikan tidak ada benda apa pun yang tertinggal di dalam pakaian yang mungkin dapat membahayakan atau merusak mesin cuci seperti peniti atau jarum.

Baca juga: Dampak Buruk Menumpuk Pakaian Kotor di Mesin Cuci

Tidak hanya itu, terkadang ada beberapa orang yang lupa menaruh uang kertas di dalam saku celana. Akibatnya, selama proses pencucian, uang dapat menjadi basah, rusak, dan tidak dapat digunakan sehingga dapat merugikan kamu. 

Disadur dari Reader’s Digest, Jumat (8/4/2022), ada dua benda yang tidak boleh dimasukkan atau ikut terbawa ke mesin cuci seperti berikut. 

Baca juga: 5 Trik Memilih Mesin Cuci untuk Penghuni Apartemen Mungil

Koin

Ilustrasi uang koin.SHUTTERSTOCK Ilustrasi uang koin.

Selain uang kertas, uang koin pun kerap tertinggal di dalam mesin cuci, entah karena tersangkut di saku celana maupun pakaian lainnya. 

Potongan logam ini mungkin tidak terlihat berbahaya. Meski begitu, ternyata koin dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin cuci.

“Koin dapat merusak sirip pada pompa pembuangan jika berhasil melewati filter. Mengosongkan kantung adalah solusinya,” jelas Kenmore Laundry Product Manager, James Peters.

Baca juga: Penempatan Mesin Cuci Perlu Diberi Jarak dengan Dinding, Ini Fungsinya

Tidak hanya itu, koin bisa tersangkut pada pipa pembuangan dan menyumbatnya. Walhasil, air tidak dapat mengalir.

Bahkan, koin cukup membahayakan mesin cuci bukaan depan karena dapat memecahkan kaca pintunya. Lebih buruknya lagi, koin dapat merusak drum dan melubangi tangki luar, yang bisa menyebabkan biaya perbaikannya cukup mahal.

Baca juga: Cara Hemat Listrik Saat Mencuci dengan Mesin Cuci

Kunci

Ilustrasi kunci pintu rumahShutterstock/Wittybear Ilustrasi kunci pintu rumah

Pernahkah kamu lupa menaruh kunci rumah atau kendaraan dan menemukannya di tumpukan pakaian yang baru diangkat dari jemuran?

Ada kemungkinan, kunci tersebut masih berada di dalam kantung pakaian karena kamu lupa mengeluarkannya sehingga mereka ikut masuk ke mesin cuci.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Membuat Mesin Cuci Kurang Awet

Sama dengan koin, kunci yang ikut masuk ke mesin cuci cukup berbahaya karena dapat menggores bagian dalam mesin cuci dan merusak drum.

Karena itu, Peters memperingatkan sebaiknya memeriksa kembali semua kantorng pakaian yang akan dicuci dengan mesin cuci. Pastikan semua kantung pakaian kosong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com