Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2022, 07:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kloset dipandang bukan tugas yang menyenangkan bagi banyak pemilik rumah. Apalagi ketika ada noda membandel di kloset yang sulit dibersihkan.

Namun demikian, jangan khawatir. Sebab, Anda bisa menggunakan batu apung untuk membersihkan kloset keramik atau porselen. Dengan batu apung, Anda tidak perlu menggunakan produk pembersih untuk membersihkan kloset.

Meski demikian, dikutip dari Hunker, Jumat (1/4/2022), batu apung tidak cocok untuk membersihkan toilet secara teratur. Penggunaan batu apung hanya untuk pembersihan mendalam yang tidak rutin.

Baca juga: Ingin Membersihkan Kloset Duduk? Gunakan 5 Bahan Ini

 

Ilustrasi batu apung. Batu apung tidak hanya dapat digunakan untuk membersihkan kulit, namun juga untuk membersihkan kloset. SHUTTERSTOCK/CATALINA.M Ilustrasi batu apung. Batu apung tidak hanya dapat digunakan untuk membersihkan kulit, namun juga untuk membersihkan kloset.

Apa itu batu apung?

Batu apung adalah batuan vulkanik yang sangat lembut, ringan, dan berpori. Beberapa produk batu apung yang dijual di pasaran dilengkapi dengan pegangan kayu atau plastik yang sudah terpasang.

Batu apung relatif murah, namun mudah aus ketika sering digunakan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengganti batu apung dengan yang baru ketika sudah aus.

Batu apung efektif untuk membersihkan kloset porselen karena batu ini lebih keras daripada kebanyakan endapan mineral dan noda yang biasanya muncul di kloset, namun lebih lembut daripada porselen.

Saat Anda menggosok porselen dengan batu apung, batu tersebut akan aus dan meninggalkan partikel kecil debu batu apung di permukaan yang basah. Debu ini bergabung dengan air untuk membentuk pasta abrasif.

Baca juga: 3 Bahan Rumah Tangga untuk Membersihkan Dudukan Kloset

Cara membersihkan kloset dengan batu apung

Sebelum membersihkan kloset keramik atau porselen dengan batu apung, Anda harus benar-benar membasahi batu dan permukaan yang akan dibersihkan dan menjaga batu dan permukaannya tetap basah saat Anda bekerja.

Kenakan sarung tangan karet dan gunakan air toilet untuk tujuan ini, atau simpan ember terpisah berisi air bersih di samping Anda. Gosok noda langsung dengan batu, berikan tekanan yang kuat dan merata dalam gerakan melingkar atau maju mundur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com