Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Tepat Menata Furnitur di Dalam Ruangan Menurut Feng Shui

Kompas.com - 21/03/2022, 18:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui sering disebut sebagai seni penempatan furnitur atau barang karena mengatur tentang barang-barang baru yang dibawa ke rumah serta furnitur yang sudah dimiliki di dalam ruangan.

Untuk mendapatkan energi yang seimbang dan positif, Anda harus meletakkan furnitur di rumah dengan posisi paling ideal menurut feng shui.

Dilansir dari The Spruce, Senin (21/3/2022), berikut beberapa furnitur terpenting dan cara menatanya di dalam ruangan menurut furnitur.  

Baca juga: 6 Kesalahan yang Dilakukan Banyak Orang Saat Membeli Furnitur 

Tempat tidur

Ilustrasi kamar tidurUnsplash/Spacejoy Ilustrasi kamar tidur
Tempat tidur adalah furnitur terpenting dalam feng shui karena mewakili kesejahteraan secara keseluruhan. Anda menghabiskan banyak waktu di tempat tidur. Karena itu, posisi tempat tidur berdampak besar pada energi Anda.

Lokasi terbaik meletakkan tempat tidur disebut posisi memerintah. Ini berarti Anda dapat melihat pintu kamar tidur ketika berbaring di tempat tidur.

Posisi memerintah membantu Anda merasa lebih tenang dan nyaman karena pada tingkat bawah sadar, dapat menyadari apa pun yang mungkin datang ke arah Anda.

Jika posisi ini tidak memungkinkan diterapkan, gunakan cermin untuk menempatkan diri Anda dalam perintah. Dari cermin tersebut, Anda dapat melihat pantulan pintu dari tempat tidur. 

Baca juga: 7 Panduan Memilih Furnitur yang Tepat untuk Ruang Keluarga 

Sofa

Sofa biasanya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Dalam feng shui, ruang kelurga mewakili keharmonisan keluarga karena merupakan tempat keluarga berkumpul.

Untuk sofa, pastikan menempatkannya sedemikian rupa sehingga memungkinkan setiap anggota keluarga duduk dengan nyaman.

Sofa sectional dan berbentuk L membuat zona pertemuan keluarga yang nyaman. Tambahkan tempat duduk tambahan seperti satu atau dua kursi untuk menciptakan percakapan serta interaksi.

Di banyak rumah, sofa ruang keluarga menghadap ke televisi. Jika hal ini terjadi di rumah Anda, sebaiknya membuat area pertemuan keluarga alternatif sehingga dapat fokus satu sama lain, bukan pada layar TV.  

Baca juga: Tips Feng Shui untuk Menerapkan Warna Hijau dalam Dekorasi Rumah 

Meja

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna netral, ilustrasi meja kopi, Ilustrasi jendela. UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna netral, ilustrasi meja kopi, Ilustrasi jendela.
Meja adalah furnitur lain yang sangat penting dalam feng shui. Ini mewakili kehidupan kerja dan kesuksesan karier. Jadi, berikan perhatian dan memastikan mejad diitempatkan secara optimal.

Seperti tempat tidur, cara terbaik menempatkan meja adalah pada posisi memerintah. Ini berarti Anda dapat melihat pintu masuk ruangan sambil berada di dekat di meja tanpa harus sejajar dengan pintu.

Jika tidak memiliki ruang untuk mengatur meja dengan cara ini, gunakan cermin seperti di tempat tidur yang tidak sesuai aturan. 

Apabila tidak dapat melihat pintu masuk ruangan dari meja, tambahkan cermin yang memungkinkan Anda melihat pantulan pintu.  

Baca juga: Ide Dekorasi Rumah dengan Elemen Kayu Menurut Feng Shui

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com